Terbuat dari Bahan Kimia Berbahaya

Hal pertama yang tentu sangat jelas dapat diamati adalah komponen bahan kimia dalam slime yang dapat menimbulkan risiko pada anak saat memainkannya. Apalagi jika harus meracik dan membuat sendiri slime dengan bahan-bahan yang terbilang masih "mentah". Seperti yang kita tahu, untuk membuat slime, diperlukan bahan-bahan seperti air, lem, borax, dan alat pembersih rumah tangga. Tidak hanya beracun, beberapa dari bahan-bahan tersebut juga dapat menimbulkan efek berbahaya jika berkontak langsung dengan kulit.
 

DIY Mainan Anak Slime untuk Anak dan Remaja, Berbahaya Nggak, Ya?
source: https://www.pinterest.com/


 


Bahaya Borax

Borax sendiri merupakan sebuah bahan kimia yang dapat mengakibatkan luka bakar, apalagi jika kamu menyentuhnya langsung dalam kurun waktu dan intensitas yang tinggi. Tidak hanya itu, saat dicampurkan borax dapat menguap ke udara dan terhirup oleh hidung sehingga dapat mengganggu saluran pernapasan. Apalagi jika si kecil tanpa sengaja memasukkan tangan ke dalam mulut dan menelan borax, tentu akan menjadi racun dan berbahaya bagi kesehatannya.

DIY Mainan Anak Slime untuk Anak dan Remaja, Berbahaya Nggak, Ya?
source: https://www.pinterest.com/


 

baca juga


Slime Tempat Berkembang Kuman

Saat sudah jadi, slime yang biasa dimainkan anak tentu tetap berbahaya. Tidak hanya karena mengandung komponen kimia, slime juga merupakan benda dengan karakteristik yang hangat dan lembab. Dengan kata lain, slime sangat pas untuk tumbuh dan berkembangnya kuman dan bakteri. Jangan heran jika si kecil sering sakit saat kamu membiarkannya sering bermain slime.
 

DIY Mainan Anak Slime untuk Anak dan Remaja, Berbahaya Nggak, Ya?
source: https://www.pinterest.com/


Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu tahu dan waspadai terkait mainan slime anak. Jika si kecil ingin membuat slime, sebaiknya berikan penjelasan bahwa bahan-bahan pembuat slime sangat berbahaya. Jelaskan agar si kecil juga dapat lebih selektif dalam memilih mainan yang aman untuk dirinya sendiri, meskipun tak ada salahnya jika anak memainkan slime, asalkan diawasi oleh Moms dan bisa mengganti bahannya dengan yang lebih aman. Semoga bermanfaat ya Moms.