Sabar dan Cari Tahu Penyebab Anak Susah Makan

Ladies, cobalah bersikap lebih sabar kepada anak yah. Lalu, jangan lupa langsung mencari tahu kira-kira kenapa anak susah melahap makanannya. Bisa saja sedang tumbuh gigi, sakit perut ataupun tidak suka dengan makanan yang sudah dihidangkan.

 

baca juga

Jangan Beri Porsi Terlalu Banyak

source: https://www.sciencedaily.com

Porsi makanan anak sudah punya takarannya sendiri, dan jelas tidak sama dengan porsi untuk orang dewasa. Karena itu, jangan menyajikan makanan terlalu banyak di piringnya. Lebih baik berikan sedikit, kalau sudah habis, kamu boleh menambahnya.

 

Batasi Minum

source: http://www.kidsforthefuture.com

Terlalu banyak minum dapat membuat perut anak jadi lebih kenyang lho. Karena itu, jangan berikan anak susu mendekati waktu makan. Susu sebaiknya diberikan setelah ia mengonsumsi makanan utamanya.

 

baca juga

Makan Bersama

source: http://theconversation.com

Nah, agar kegiatan makan jadi menyenangkan, ayo ajak anak makan bersama-sama. Selain untuk mempererat bonding, makan bersama juga bisa jadi momen untuk mengajarkan anak untuk menyantap makanan bergizi seperti sayur dan buah.

 

Ajak Anak Memasak Bersama

source: http://www.epicurious.com

Memasak bersama juga bisa mengatasi anak susah makan lho. Coba minta Si Kecil  untuk memilih sendiri bahan makanan yang akan dimasak. Tapi, buat janji kalau hasil masakan kalian itu harus dihabiskan. Proses memasak yang menyenangkan akan memicu Si Kecil untuk mau makan masakan yang dibuatnya sendiri.
 

Terus Berusaha

source: http://innovativeslp.com

Ladies, jangan pernah menyerah untuk membujuk anak agar mau makan yah. Teruslah berusaha agar Si Kecil mau menyantap masakan yang sudah dibuat untuknya. Sajikan makanan semenarik mungkin, agar menarik perhatian anak. Kalau ia hanya mau makanan tertentu saja, misalnya ayam KFC, burger Burger King, dan sebagainya, maka buatkanlah di rumah. Pokoknya, jangan biarkan perut anak kosong hanya karena ia susah makan. Good luck yah!