Kolik itu Apa Sih?

Mungkin kamu sering mendengar kata ‘kolik’, tapi belum memahami apa yang sebenearnya dimaksud oleh kolik. Kolik merupakan kondisi bayi yang menangis lebih dari 3 jam dalam sehari dan berlangsung lebih dari 3 hari dalam seminggu, selama lebih dari 3 minggu. Kolik ini biasanya terjadi pada bayi yang berusia sekitar 2 minggu, dan kondisi ini bisa menghilang secara sendirinya setelag 3-4 bulan. Nah, tapi Beautynesian tenang saja, karena pada dasarnya kondisi ini normal terjadi pada para bayi dan tidak akan memberikan pengaruh buruk pada bayimu di masa mendatang atau selama masa pertumbuhan dan perkembangannya.
 

source: http://bayareanuccacare.com/2015/01/05/traumatic-births-colic-connection/



Bagaimana Gelaja Kolik?

Nah, selain ditandai oleh jangka waktu bayi menangis, kolik pada bayi juga ditandai oleh beberapa gejala yang ditunjukkan oleh bayimu ketika menangis lho. Mulai dari kedua tangan mungilnya yang mengepal, wajah bayimu yang memerah, lutut yang ditekuk hingga ditarik ke arah perutnya.

source: https://monbaby.com


 

baca juga


Apa Sih yang Menyebabkan Kolik?

Pada dasarnya, penyebab pasti kolik memang belum diketahui. Namun, peneliti meyakini bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya kolik pada bayi mungilmu, yaitu:

  • Perkembangan sistem pencernaan bayimu yang dapat membuat ototnya menjadi berkontraksi atau kejang sehingga membuatnya merasa sakit dan menangis hebat.
  • Masuk angin.
  • Mood bayi yang belum stabil.
  • Sistem saraf bayimu yang masih berkembang dan belum sempurna.
  • Hormon dalam tubuh yang dapat membuat bayi menjadi rewel atau merasa sakit pada perutnya.
  • Adanya suara berisik ataupun cahaya silau yang sangat menganggu kenyamanan bayimu.   
source: http://www.momjunction.com

Hope you get deeper an understanding about colic that commonly happen to lots of babies, Beautynesian!