1. Kompres Handuk Hangat

Cara ini efektif mengurangi nyeri payudara dan pembengkakan untuk ibu menyusui. Kemungkinan lebih bahwa saluran susu bisa tersumbat dan terinfeksi karena retensi susu. Hal ini bisa membuat payudara terasa empuk dengan banyak benjolan. Nah, pengobatan demam merupakan salah satu pengobatan rumah yang efektif untuk menyembuhkan payudara bengkak saat menyusui.

source: http://www.motherandbaby.co.id/article/2014/6/38/2228/Atasi-Payudara-Bengkak


 

baca juga

2. Kompres Dingin Payudara

Selain dengan handuk hangat, banyak wanita melakukan kompres dingin sebagai ide efektif untuk mengatasi rasa sakit dan ketidaknyamanan payudara bengkak. Kompres dingin bisa dibuat dengan mudah di rumah kamu dengan meletakkan es di atas kain atau handuk. Perlahan tekan kompres dingin di atas area dimana kamu mengalami rasa sakit dan ketidaknyamanan.

source: http://lifestyle.okezone.com/read/2016/12/29/481/1578501/payudara-makin-kencang-dengan-es-batu-caranya-seperti-ini


 

3. Hidroterapi Panas dan Dingin

Hidroterapi panas dan dingin merupakan salah satu pengobatan rumahan untuk payudara bengkak saat menyusui. Biarkan aliran air panas turun di payudara dan ketiak selama 2 menit. Kemudian, gunakan air dingin dan ulangi prosedur selama 20 menit. Untuk hasil yang lebih baik, lakukan ini setiap hari. Sebagai metode alternatif, kamu bisa menggunakan kompres juga untuk perawatannya.

source: http://www.ahlinyadiabetes.com/tag/benjolan-di-payudara-saat-menyusui-berbahayakah/