Keuntungan Mengajak Anak Seraya Jalan-jalan Sore

1. Anak lebih mudah membuka mulutnya saat sedang main

Ketika sedang bermain, biasanya anak-anak sangat fokus terhadap mainannya sehingga ia akan menelan apa saja yang masuk ke dalam mulutnya. Hal ini tentu memudahkan bagi Ibu saat menyuapi sang anak.

2. Makanan cepat habis

Berbeda ketika sedang makan di rumah, Moms pasti harus merayu anak dengan cara apapun agar ia mau menghabiskan makanannya. Namun ketika sedang bermain anak akan lupa dan tak sadar ia makan dengan lahap.

3. Meringankan Pekerjaan Moms

Saat menyuapi anak sambil jalan, tentunya si kecil akan makan secara lahap dan cepat, sehingga waktu Moms tidak terbuang banyak. Selanjutnya Moms bisa segera melakukan pekerjaan rumah tangga lainnya. 

4. Anak makan tepat waktu

Susahnya membujuk anak untuk makan memang membutuhkan banyak usaha. Nah, jika Moms mengajaknya makan sambil jalan-jalan, otomatis anak selalu makan tepat waktu karena Moms tak perlu 'drama' atau membujuk anak terlalu lama. 
Penting! Moms, Ini Untung Rugi Mengajak Anak Makan Sambil Jalan-jalan Sore
source: https://parents.com

Kerugian Anak Makan Sambil Jalan-jalan Sore

1. Makanan menjadi tidak higienis

Mengajak anak makan sambil jalan-jalan di rumah memang menyenangkan ya, Moms. Selain makanan cepat habis, anak juga akan senang karena ia dapat bermain di luar. Tapi tahukah Moms, dengan membawa makanan ke luar apalagi di tempat ramai dan dekat kendaraan, pastinya membuat makanan jadi terkontaminasi oleh debu. Selain itu bahaya juga bisa saja mengintai, karena banyak kendaraan yang lewat.

2. Anak tidak belajar makan sendiri

Karena terlalu sering makan di luar rumah sambil bermain, maka anak akan tidak terbiasa untuk makan sendiri. Hal itu karena Moms selalu menyuapinya sehingga anak telat belajar untuk makan sendiri.

3. Anak tak sadar bahwa makan itu penting

Kebiasaan mengajak anak sambil jalan-jalan membuat si kecil menjadi kurang menyadari bahwa makan adalah suatu kebutuhan penting. Hal ini karena anak tidak menyadari ketika makan, sebab lebih fokus dengan bermain sehingga ia tidak sempat mengenali rasa lapar sebelum makan dan rasa kenyang setelah makan. 

4. Menyebabkan Anak tersedak

Ketika sedang bermain, anak-anak akan terus bergerak bahkan berlarian dan tak menyadari ia harus mengunyah makanan yang ada di dalam mulutnya. Nah, kalau sudah terjadi maka anak bisa tersedak karenan makan sambil bergerak. 

5. Anak tidak mengunyah makanan dengan benar

Anak-anak sangat sulit jika disuruh untuk makan. Meskin makan sambil jalan-jalan dan bermain, anak pasti akan lebih fokus dengan bermain dibanding mengunyah makanannya dengan baik. Biasanya ia akan mengunyah sekadarnya agar cepat selesai makan dan bisa terus bermain. Hal ini tentu tidak baik untuk kesehatan pencernaan si kecil lho, Moms. 

Penting! Moms, Ini Untung Rugi Mengajak Anak Makan Sambil Jalan-jalan Sore
source: http://www.momonganak.org

Nah, itulah beberapa keuntungan dan kerugian dari mengajak anak makan sambil berjalan-jalan sore. Ternyata, kerugian yang diakibatkan, malah lebih besar daripada keuntungannya, bukan? Karena itu, sebaiknya Moms jangan membiasakan si kecil makan sambil bermain dan jalan-jalan sore, ya!