1. Ubah Posisi Menyusui

Ladies, coba deh perhatikan kalau bayi terkadang menelan terlalu banyak udara saat menyusui. Hal inilah yang nantinya bisa menyebabkan cegukan bayi. Jadi, kamu perlu mengubah dan merampingkan posisi menyusui untuk membatasi jumlah udara yang ditelan bayi.

source: http://zahraherbal.com


 

baca juga

2. Burp the Baby

Penting untuk membuat bayi bersendawa setelah kamu selesai menyusui. Burping dilakukan untuk menghilangkan kelebihan udara atau gas di perut bayi. Tapi dalam beberapa kasus, bersendawa dapat membantu melepaskan kejang otot pada diafragma dan dengan demikian menghentikan cegukan bayi.

source: https://www.pinterest.com


 

3. Pijat Bagian Belakang

Bahkan jika bayi kamu mengalami cegukan sebentar, itu tidak berbahaya bagi kesehatannya. Yang perlu kamu lakukan adalah menenangkan bayi. Gosokkan bagian belakang bayi dengan cara menenangkan sehingga rangkaian cegukan berlalu.

source: http://bidanku.com


 

baca juga

4. Beri Makan Secara Berkala

Kamu harus memberi makan bayi sebelum dia terlalu lapar dan menangis. Ini karena, cegukan terkadang merupakan tanda masalah lambung. Jika cegukan menunjukkan masalah lambung, maka mereka akan disertai muntah.

source: https://www.ibudanbalita.com/artikel/5-langkah-mengenalkan-makanan-pada-bayi


 

5. Berhenti Memberi Makan Jika Cegukan Tidak Reda

Setelah beberapa menit, jika cegukan tidak berhenti, kamu perlu berhenti memberi makan bayi kamu. Jika kamu terus menyusui bayi saat dia sedang cegukan, bayi mungkin muntah. Ini akan membuat bayi semakin kesal. Jadi satu-satunya solusinya adalah membiarkan cegukan bayi berlalu, dan kemudian kembali menyusu lagi.

source: http://www.solusisehatku.com