Perkembangan Janin 6 Bulan

Di usia 6 bulan indera pengelihatan bayi di dalam kandungan sudah mulai bisa membedakan antara gelap dan terang. Jika Moms mengarahkan sumber cahaya ke perut, bayi dalam kandungan Moms akan menolehkan kepalanya ke arah cahaya tersebut. Rasakan dengan seksama, gerakan ini dapat Moms rasakan. Selain itu, salah satu perubahan yang paling signifikan dari janin usia 6 bulan yakni ia sudah mulai melakukan gerakan otot untuk bernafas, walaupun belum ada udara di paru-parunya.
 

source: http://slideplayer.com/slide/4091963/13/images/11/6+Months.jpg

Nutrisi Terbaik untuk Janin 6 Bulan

Kalsium merupakan nutrisi utama yang perlu diasup Moms untuk mendukung perkembangan kepadatan tulang bayi dalam kandungan. Moms juga wajib mengonsumsi ikan salmon, telur, kedelai, bayam, dan pisang sebagai sumber kolin yang dapat membantu pertumbuhan otak janin. Selain itu asam folat, asam lemak omega 3, asam amino, serta berbagai vitamin juga tidak boleh Moms lewatkan.
 

source: http://cdn2.momjunction.com/wp-content/uploads/2014/05/pregnant-woman-eating-fish.jpg
baca juga

Tips untuk Moms
 

Bagi Moms yang sedang mengandung 6 bulan, berikut ada beberapa tips yang baik untuk dilakukan:

  • Mulailah rajin berenang dan melakukan pilates. Kedua jenis olahraga ini efektif untuk menurunkan rasa pegal-pegal dan nyeri karena beban kandungan Moms yang semakin besar.
  • Konstipasi atau sembelit mungkin akan Moms alami. Campurkan oats atau gandum sebagai campuran dalam menu makanan Moms, termasuk yogurt dan susu untuk mengatasinya.
  • Tidur dengan posisi menghadap kiri adalah posisi yang terbaik untuk menghindari bayi dalam kandungan terlilit tali pusar karena semakin aktif.
source: https://blog.pregistry.com/wp-content/uploads/2016/07/AdobeStock_34027727.jpeg

 

Itulah yang terjadi pada usia kehamilan 6 bulan, Moms. Semoga bermanfaat, ya!