Apa Itu Clubfoot dan Cirinya

Dalam dunia kedokteran, clubfoot disebut juga dengan istilah medis congenital talipes equinovarus (CTEV). Clubfoot merupakan kondisi kelainan kaki dengan ciri yang mudah dilihat, yakni posisi kaki bayi tidak lurus, melainkan membengkok ke bawah dengan bentuk memutar ke arah dalam. Clubfoot lebih banyak menimpa bayi perempuan dibanding bayi laki-laki. Kondisi kelainan clubfoot juga sering ditemui di Inggris, di mana kasusnya terjadi pada tiap 1.000 kelahiran.

source: http://www.natalieweakly.com/wp-content/uploads/2017/06/World-Clubfoot-Day-Houston-Signature-Style-Image-Consultant-Newborn-Original-Foot-Position.jpg

Penyebab Clubfoot

Terdapat sejumlah hal yang diketahui sebagai penyebab clubfoot, seperti:

  • Posisi janin di dalam kandungan, di mana kaki terlalu menekuk
  • Janin yang berukuran besar, sementara sang ibu bertubuh kecil
  • Pernikahan dengan kerabat atau anggota keluarga dekat atau memiliki hubungan darah yang dekat
  • Kelainan genetik 
  • Air ketuban yang jumlahnya di bawah normal
  • Kelainan perkembangan otot, tulang, dan pembuluh darah
source: http://4.bp.blogspot.com/-6ddFRt8QBXk/UgUTRFWmBjI/AAAAAAAAB4M/RVkFNr5TjTY/s1600/levelII_3.JPG
baca juga

Penanganan Clubfoot

Umumnya clubfoot bisa diperbaiki dengan operasi. Namun tidak semua clubfoot sifatnya permanen dan memerlukan operasi. Ada juga clubfoot yang bisa segera diperbaiki dengan melakukan terapi tertentu seperti dengan gips. Bagaimanapun, kondisi clubfoot merupakan kondisi yang tidak boleh disepelekan karena akan memengaruhi cara berjalan si kecil nantinya.
 

source: https://i.pinimg.com/originals/ad/a0/d9/ada0d9fa1aca1e6a19c7b416a285d9ea.jpg

Jika Moms mendapati kaki si kecil yang bentuk dan posisinya menyerupai clubfoot sesaat setelah dilahirkan, segeralah mengambil tindakan. Penanganan clubfoot yang dilakukan sejak dini memperbesar keberhasilan perbaikannya. Sementara kondisi clubfoot yang dibiarkan hingga si kecil belajar berjalan, walau masih bisa diperbaiki, akan memengaruhi cara belajar berjalannya.