1. Perdarahan

Keluarnya darah pada kehamilan, apalagi saat hamil muda, bisa jadi merupakan hal yang tak berbahaya karena itu merupakan hal yang lumrah saat pelekatan calon janin pada dinding rahim. Namun perdarahan tak boleh disepelekan. Berapa pun usia kandungan Moms, jika terdapat darah yang keluar dari vagina, Moms harus segera memeriksakan diri ke dokter karena perdarahan juga merupakan salah satu tanda keguguran.
 

source: https://images.parents.mdpcdn.com/sites/parents.com/files/woman-with-stomach-pain.jpg

2. Nyeri

Jika Moms sedang hamil namun tiba-tiba merasa nyeri dan kram di perut bagian bawah seperti nyeri haid, Moms patut waspada. Nyeri yang merupakan ciri keguguran juga akan terasa di sekitar panggul, pinggang bagian belakang, serta punggung.
 

source: http://ovulation.guide/wp-content/uploads/2016/06/Fotolia_89281229_S.jpg
baca juga

3. Jaringan atau Cairan 

Mungkin terkesan jorok, namun Moms yang sedang hamil sebaiknya selalu memeriksa apapun yang keluar dari vagina, termasuk saat berkemih. Jika terlihat cairan tak biasa atau berupa jaringan yang keluar dari vagina, segeralah menemui dokter. Biasakan juga memeriksa celana dalam ya, Moms.
 

source: https://lng2dthf2c-flywheel.netdna-ssl.com/wp-content/uploads/2015/08/Miscarriage-risk.jpg

4. Gerakan Janin

Janin yang sudah berusia di atas 4 bulan gerakannya mulai terasa oleh Moms. Perhatikan frekuensi gerakan janin per harinya. Jika perlu, catat berapa kali dan jam berapa saja janin aktif bergerak. Jika Moms merasa bahwa janin di dalam kandungan gerakannya berkurang atau bahkan tidak bergerak sama sekali, segeralah menemui dokter untuk memeriksa kandungan.
 

source: https://3c1703fe8d.site.internapcdn.net/newman/gfx/news/2017/pregnancy.jpg

Perlu Moms ingat bahwa tidak semua wanita hamil merasakan ciri-ciri tersebut waktu mengalami keguguran. Agar kehamilan Moms selalu terjaga kesehatannya, rajinlah mengontrol kandungan, serta jaga asupan nutrisi dan hindari stress.