1. Kafein

Apakah Moms termasuk pecinta berat kopi? Tidak apa-apa jika Moms ingin mengonsumsi satu hingga dua cangkir kopi per hari. Namun jangan lebih dari itu ya, Moms. Kafein yang kadarnya tinggi dapat mengganggu jam tidur bayi dan membuatnya rewel. Selain kopi, Moms juga perlu memperhitungkan teh, soda, dan obat-obatan yang mengandung kafein.
 

source: http://www.confusedsandals.com/wp-content/uploads/2016/05/Women-drinking-coffee1-1024x789.jpg


 

2. Alkohol

Jika Moms pernah mendengar bahwa minuman bir dapat memperkaya produksi ASI, itu hanyalah mitos yang tidak benar, Moms. Faktanya, asupan alkohol justru berisiko menurunkan produksi ASI dan pada beberapa kasus dapat membuat bayi alergi.
 

source: http://www.wanderglobe.org/wp-content/uploads/2017/10/Alcohol.jpg
baca juga

3. Tuna 

Sandwich tuna memang paling pas untuk sarapan ya, Moms. Praktis dibuat dan enak rasanya. Namun Moms harus betul-betul membatasi konsumsi tuna karena mengandung merkuri yang tinggi. Seperti pada saat hamil, saat menyusui pun Moms juga perlu membatasi asupan seafood yang tinggi kadar merkuri.
 

source: http://civileats.com/wp-content/uploads/2014/08/shutterstock_64833406-e1408596968973.jpg

4. Makanan Asam dan Pedas

Makanan yang rasanya asam atau pedas seperti jeruk, nanas, atau cabai juga hendaknya Moms batasi. Banyak mengonsumsi makanan demikian akan membuat bayi menjadi kembung karena perutnya dipenuhi gas.
 

source: https://www.medicalnewstoday.com/content/images/articles/318/318238/girl-eating-chili.jpg
baca juga

5. Pencetus Alergi

Bisa jadi Moms akan menemui situasi di mana Moms mengonsumsi makanan yang biasa dimakan, seperti telur atau kacang-kacangan, namun justru menimbulkan reaksi alergi pada bayi. Maka Moms juga perlu mengingat apa saja makanan dan minuman yang Moms konsumsi agar bisa menghindari terjadi alergi pada bayi.
 

source: http://3.bp.blogspot.com/-mIjXxT_lHsA/UjS2oqCN1EI/AAAAAAAAEtg/JZE7Vn0pvo0/s1600/breastfeeding.JPG