1. Membangun Bayangan yang Menyenangkan akan Bersekolah

Menjelang sekolah, si kecil sebaiknya sudah mulai sering Moms ceritakan tentang betapa menyenangkannya bersekolah. Moms juga bisa menanamkan bayangan ini dengan main sekolah-sekolahan dengan si kecil atau membuat DIY miniatur ruang kelas dari kardus sepatu.
 

source: https://petitandsmall.com/wp-content/uploads/2015/05/shoebox-school-craft-kids-839x1024.jpg

2. Membiasakan Bangun Pagi

Tentu Moms dan si kecil sama-sama tidak mau pengalaman hari pertama ke sekolah menjadi runyam gara-gara si kecil terlambat bangun. Cara membiasakan si kecil bangun pagi yakni dengan memastikan jam tidur malamnya cukup, membangunkannya dengan lembut, mengajaknya menyetel alarm atau jam beker, serta memberikannya contoh aktivitas apa saja yang bisa dilakukan lebih maksimal jika bangun pagi.
 

source: http://ak5.picdn.net/shutterstock/videos/8935885/thumb/2.jpg
baca juga

3. Mengantar ke Sekolah

Sesibuk apapun Moms, usahakan untuk mengantarkan si kecil ke sekolah pada hari pertamanya bersekolah. Hal ini akan menjadi suntikan semangat dan keberanian bagi si kecil, karena merasa orang tuanya tidak melepasnya begitu saja ke dalam dunia baru yang belum pernah ia masuki sebelumnya.
 

source: https://babyclub.asda.com/~/media/Baby/Images/2016/Articles/preparing-for-the-first-day-at-school-form.jpg

4. Berkeliling Sekolah

Datanglah lebih pagi, 20-30 menit sebelum jam sekolah dimulai. Ajak si kecil berkeliling sekolah dan perkenalkan setiap ruangan dan sudut sekolah, serta apa saja fungsinya. Jangan lupa, tunjukkan ekspresi bersemangat dari Moms dan hindari penggunaan kalimat yang menakut-nakuti seperti "Kalau kamu nakal, nanti kamu dihukum guru di ruangan ini" atau "Hati-hati saat bermain di sini ya, karena kalau ada teman yang nakal, kamu bisa terluka."
 

source: http://assets.nydailynews.com/polopoly_fs/1.1155755.1347286051!/img/httpImage/image.jpg_gen/derivatives/article_750/article-bus-01.jpg
baca juga

5. Mendengar Cerita Seusai Sekolah

Setelah si kecil pulang sekolah, jangan lupa untuk memintanya bercerita tentang apa saja pengalamannya pada hari tersebut. Tunjukkan tanggapan yang positif dan bersemangat dari Moms walaupun si kecil masih terlihat tegang dan takut agar ia tidak kapok pergi ke sekolah pada hari-hari berikutnya.
 

source: http://cdn.newsapi.com.au/image/v1/03e1306aebc50d8c21f67004eeeec21b

Itulah beberapa cara agar hari pertama anak sekolah tidak diwarnai dengan drama yang seharusnya tidak perlu. Selamat bagi si kecil, ya!