Pasir Kinetik Dengan Menggunakan Pasir dan Tepung Kanji

  • 3 gelas Tepung Kanji
  • 1 ½ gelas Air Mineral
  • 6 gelas Pasir Bersih, saring hingga halus
source: http://www.momtastic.com/


Campurkan bahan-bahan kering terlebih dahulu. Jangan lupa untuk menyaringnya kembali agar tepung dan pasir benar-benar memiliki tekstur yang halus. Kemudian, masukkan air sedikit demi sedikit untuk memastikan tekstur pasir kinetik yang dihasilkan tidak terlalu cair. 
 


Pasir Kinetik Dengan Menggunakan Tepung dan Baby Oil
  • 9 gelas Tepung Terigu
  • 1 ¼ gelas Baby Oil
source: http://www.pbs.org/


Siapkan tepung terigu dalam sebuah wadah. Pastikan tapung terigu yang kamu siapkan sudah disaring sehingga memiliki tekstur yang halus. Kemudian, campurkan baby oil sedikit demi sedikit untuk memastikan semua tepung teraduk dan teksturnya pas.
 

baca juga

Pasir Kinetik Dengan Menggunakan Tepung Kanji dan Minyak Sayur
  • 4 gelas Tepung Kanji
  • 3/4 gelas Minyak Sayur
source: http://toysgang.com/


Sama seperti pembuatan pasir kinetik sebelumnya, saring tepung kanji hingga benar-benar halus dan simpan pada wadah. Kemudian campurkan dengan minyak sayur sedikit demi sedikit hingga teksturnya pas dan tepung tercampur rata.
 


Material Tambahan

Secara keseluruhan bahan-bahan yang digunakan di atas cukup aman untuk dimainkan untuk digunakan oleh anak-anak. Jika kamu ingin memberikan warna atau aroma, kamu dapat mencampurkan adonan pasir kinetik dengan pewarna makanan dan serbuk minuman instan. Pencampurannya dapat disesuaikan, jika berbentuk bubuk masukkan bersamaan dengan bahan kering. Akan tetapi, jika basah atau cair, campur bersamaan dengan bahan cair.

Nah, berikut ini adalah video tutorial DIY membuat pasir kinetik dengan bahan rumah tangga lain yang dapat kamu coba di rumah:
 

youtube:7ipS3zYtZG4
source: https://www.youtube.com/watch?v=7ipS3zYtZG4
6 Easy DIY Kinetic Sand Ideas to Make Your Kids


Itulah beragam cara membuat pasir kinetik sendiri di rumah. Murah dan praktis, bukan? Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya! Selamat bermain bersama si kecil!