Kue Mochi Buatan Sendiri

Memilih camilan enak dan sehat tidaklah mudah. Kamu perlu memperhatikan kandungan serta kebersihan dari bahan baku kue tersebut. Meskipun sudah banyak penjual yang menawarkan camilan siap makan, tidak ada salahnya kan jika kita mencoba untuk membuat camilan sendiri sehingga kita tidak perlu khawatir mengenai kandungan gizi dan kebersihan dari bahan bakunya.
 

source: https://www.pinterest.com


Meskipun bukanlah kue asli Indonesia, melainkan dari Jepang, kue mochi memiliki rasa yang sangat familiar bagi lidah orang Indonesia. Tidak heran kalah kue ini menjadi favorit bahkan beberapa daerah menjadikan kue ini sebagai oleh-oleh khasnya seperti di Bogor, Sukabumi, dan Semarang.

Tapi, tahukah kamu kalau resep kue mochi ini ternyata gampang banget lho untuk dipraktikkan di rumah. Ditambah dengan bahan bakunya yang mudah ditemukan di toko bahan makanan atau bahkan di warung sekitar rumah. Bisa dikatakan bahwa kue mochi adalah kue luar negeri yang paling mudah untuk dibuat. Oleh sebab itu, yuk, simak resepnya berikut ini!
 

Bahan Baku Kue Mochi

  1. 150 gram Tepung Ketan (Ayak sampai halus)
  2. 2 sdm Tepung Maizena
  3. 100 gram Gula Pasir
  4. 100 gram Tepung Beras
  5. Pewarna Makanan (Sesuai Selera)
  6. 1/4 sdt Garam
  7. Air Mineral
  8. 125 gram Tepung tapioka atau Tepung Maizena (sangrai bersama gula pasir)

Bahan Isian (sesuai selera)
– Selai Coklat
– Selai Strawberry
– Selai Kacang
– 250 gram Kacang tanah (sangrai sampai matang, campur dengan 6 sdm gula pasir dan air panas).

source: http://www.tokomesin.com
baca juga

Cara Membuat Kue Mochi

  1. Campurkan tepung ketan, tepung maizena, gula pasir, dan tepung beras dalam satu wadah besar. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.
  2. Tuangkan air perlahan dan sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil diaduk dan sedikit ditekan menggunakan tangan sampai adonan menjadi kalis (pastikan adonan tidak terlalu keras).
  3. Masukkan garam, kemudian uleni hingga tercampur rata.
  4. Pisahkan adonan menjadi bagian-bagian tergantung berapa macam warna yang ingin dibuat, kemudian campurkan pewarna.
  5. Siapkan perlengkapan untuk mengukus adonan, kemudian masukkan adonan mochi yang telah dicampur pewarna. Kukus selama kurang lebih selama 20 menit – 25 menit.
  6. Periksa kematangan dengan menusukkan lidi atau tusuk gigi kedalam adonan. Jika sudah tidak ada adonan encer berarti sudah matang.
  7. Jika sudah matang, angkat dan dinginkan adonan.
  8. Sambil menunggu adonan dingin, kamu dapat mulai membuat taburan mochi. Sangrai tepung maizena yang dicampur gula pasir selama kurang lebih 7 menit. Kemudian dinginkan
  9. Adonan mochi yang sudah dingin sudah mulai dapat diisi dan dibentuk. Ambil mochi sesuai selera, kemudian masukkan isian secukupnya. Lalu, bentuk kembali menjadi bentuk bulat.
  10. Gulung bulatan kue mochi yang sudah diberi isian di atas tepung maizena dan gula yang sudah disangrai hingga rata.
  11. Ulangi hingga adonan habis dan siap untuk dinikmati.
source: http://www.justonecookbook.com


Nah, itulah resep mudah membuat kue mochi homemade! Yuk, segera dicoba!

Artikel dari: http://beautynesia.id/15043