Rebus Dengan Detergen

Tips baju kelunturan yang pertama adalah dengan merebusnya menggunakan detergen. Suhu panas air bisa membuka pori-pori kain sehingga noda yang menempel lebih mudah hilang. Cara mengatasi baju kelunturan ini cukup mudah. Pertama, siapkan panci berisi air, lalu larutkan detergen ke dalamnya.

Rebus larutan hingga mendidih dan segera masukkan baju yang terkena luntur ke dalam panci. Aduk-aduk pakaian hingga semua noda hilang dan air rendaman menjadi keruh. Angkat pakaian dan bilas dengan air dingin, kemudian jemur seperti biasa.

 

source: http://divascancook.com

Baking Soda

Selain jadi bahan yang sering dipakai untuk membuat kue, baking soda ternyata juga ampuh mengusir noda, lho. Cara mengatasi baju kelunturan dengan baking soda sangatlah mudah. Kamu hanya perlu mencampur baking soda dengan detergen, kemudian oles di bagian baju yang terkena luntur, setelah itu rendam baju selama 30 menit. Setelah direndam, kucek baju seperti biasa, lalu bilas dengan air bersih.

Nah, sebelum kamu mencoba menghilangkan noda kelunturan dengan baking soda, ada satu hal yang perlu digarisbawahi. Baking soda ini sangat efektif digunakan untuk menghilangkan noda luntur yang tidak terlalu banyak. Tapi kalau noda luntur di baju kamu sangat banyak dan warnanya intens, formula alami dari baking soda sepertinya kurang bisa mengatasi kelunturan dengan sempurna.

 

source: http://www.make-it-do.com
baca juga

Cuka

Selain baking soda, ternyata ada bahan dapur lain yang bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan noda pada baju yang kelunturan, yakni cuka. Cuka dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang punya rasa dan formula yang kuat. Formula inilah yang bisa kamu manfaatkan untuk membantu menghilangkan noda pada baju kelunturan.

Cara menggunakan cuka untuk mengatasi baju kelunturan juga gampang, kok. Kamu cukup mengoleskan cuka pada bagian baju yang kelunturan, kemudian diamkan sekitar 15 hingga 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan cuci baju dengan detergen seperti biasa.

Berbeda dengan baking soda yang hanya bisa menghilangkan noda luntur dalam jumlah sedikit, cuka justru efektif untuk menghilangkan noda kelunturan yang banyak. Meskipun begitu, kandungan asam yang sangat tinggi pada asam juga bisa merusak kain jika terlalu sering digunakan. Karena itu, gunakan cuka hanya pada kasus baju kelunturan yang ekstrim untuk meminimalisir rusaknya serat kain.

 

source: http://travel.tribunnews.com

Lemon

Kalau kamu merasa baking soda dan cuka memiliki kandungan yang terlalu keras, kamu bisa juga memanfaatkan bahan alami dengan formula yang lebih light, namun tetap efektif mengatasi kelunturan. Lemon merupakan bahan dapur yang mudah ditemui dan sudah terbukti punya banyak manfaat bukan hanya untuk tubuh, tapi juga untuk menghilangkan noda.

Untuk menghilangkan noda kelunturan pada baju, kamu hanya perlu  menggosokkan lemon yang telah dibelah pada bagian yang terkena luntur. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas dan cuci dengan detergen. Selain untuk menghilangkan noda kelunturan, lemon juga berguna untuk menghilangkan noda kuning bekas deodorant pada pakaian, lho. 

 

source: http://www.foodmatters.com

Artikel dari: http://beautynesia.id/18054