Membantu Proses Persalinan

Proses persalinan harus dipersiapkan dengan matang, meskipun sebelumnya sudah memiliki anak. Semakin kuat kondisi seorang ibu, akan memperlancar proses kelahiran dengan baik. Melahirkan membutuhkan stamina yang prima. Stamina tersebut harus dilatih sejak kandungan berusia lebih dari enam bulan. Stamina yang baik didapat dari olahraga yang teratur. Ada banyak olahraga yang dikhususkan untuk wanita hamil, dengan instruktur terlatih. Olahraga yang teratur tentu akan memperpendek waktu yang dibutuhkan untuk melahirkan bayi.

source: http://www.katalogibu.com


 

baca juga

Mengurangi Stress dan Meningkatkan Semangat

Wanita yang sedang hamil biasanya memiliki tingkat stres yang lebih tinggi dibanding wanita yang tidak mengandung. Banyak hal yang menjadi beban pikirannya. Mulai dari masa kehamilan sampai melahirkan. Rasa cemas seringkali menghantuinya. Dengan berolahraga yang teratur, maka rekasi otak yang akan mempengaruhi mood dan akan membuat kamu lebih bersemangat. Perlahan kekhawatiran dan kecemasan akan hilang dengan sendirinya. Olahraga khusus untuk orang hamil, membutuhkan gerakan yang fokus pada pikiran. Dengan demikian, stres akibat kekuatiran dan kecemasan akan berlalu.

source: https://www.buenasalud.net


 

Tubuh Menjadi Lebih Sehat dan Bugar

Olahraga saat hamil akan lebih aman jika memilih olahraga yang tepat. Terlebih jika dokter kandunganmu memperbolehkan. Selama tidak memiliki kelainan pada kehamilan, olahraga justru dianjurkan agar tubuh lebih sehat dan bugar. Minimal dapat kamu lakukan 30 menit setiap harinya. Ibu yang selalu aktif bergerak akan memiliki resiko rendah terkena diabetes, jantung dan masalah seputar janin. Janinpun akan lebih sehat karena ibu tetap bergerak. Olahraga yang cocok seperti jalan kaki, yoga khusus hamil, berenang dan senam ringan.

source: http://www.benefit.co.id


 

baca juga

Membuat Tidur Lebih Nyenyak dan Tidak Gelisah

Salah satu masalah pada wanita hamil adalah susah tidur. Walapun tidak semua wanita hamil mengalami kesulitan saat tidur. Dengan berat badan yang tidak seimbang, bagian perut lebih berat dibanding yang lainnya, maka posisi tidur menjadi lebih sulit, terutama wanita yang usia kandungannya sudah memasuki bulan ketujuh. Dengan gerakan yang stabil saat berolahraga, tubuh akan cepat terasa lelah. Hal ini akan berdampak tidur lebih lelap dibandingkan tidak berolahraga.

source: http://infosehatwanita.com


 

Mengembalikan Berat Badan Ideal Setelah Melahirkan

Setiap wanita pasti bermimpi untuk kembali ke berat badan semula sebelum masa kehamilan. Memang tidak salah, namun perlu perjuangan keras untuk menuju ke arah sana. Hal ini karena perkembangan hormon yang terjadi selama masa kehamilan sampai proses melahirkan. Namun dengan berolahraga secara teratur, hal ini dapat terwujud dengan mengembalikan bentuk aslinya. Tetapi perlu diingat, sebaiknya konsultasikan ke dokter kandungan terlebih dahulu jenis olahraga yang akan dilakukan, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan selama berolahraga.

source: https://www.merdeka.com