Pertumbuhan Bayi

Tahukah kamu bahwa pertumbuhan fisik bayi akan berlangsung sangat signifikan pada tahun pertama kehidupannya? Pada periode ini bayi akan mengalami growth spurt, yaitu, pertumbuhan secara seignifikan yang bisa ditandai dengan pertambahan berat, panjang, dan juga lingkar kepala.
 

source: http://bebe.avaz.ba/


Percepatan pertumbuhan ini relatif terjadi pada periode tertentu di awal kehidupan bayi. Biasanya terjadi seperti saat bayi memasuki usia 2 minggu, 3 minggu ataupun 6 minggu. Growth spurt ini kemudian dapat terjadi lagi ketika bayi memasuki usia 3 bulan dan usia 6 bulan.
 



Tanda-Tanda Growth Spurt
  • ASI Bayi Menjadi Lebih Kuat

Saat bayi sedang mengalami percepatan pertumbuhan, tubuhnya akan lebih banyak membutuhkan nutrisi untuk asupan energi dan tumbuh kembangnya. Jadi jangan heran apabila si kecil menjadi lebih banyak dan sering menyusu pada periode ini. Apabila porsi menyusu ASI si kecil biasanya sekitar 8 kali per harinya, saat growth spurt anak akan menyusu beberapa kali lebih banyak hingga sekitar 12-14 kali sehari. Kamu tidak perlu khawatir jika produksi ASI-mu sedikit karena sebenarnya ASI akan menyesuaikan dengan kebutuhan bayi saat itu.
 

source: https://medicalnewstoday.com/


 

baca juga
  • Lebih Rewel Dan Selalu Ingin Menempel Dengan Ibu

Saat mengalami tumbuh kembang yang signifikan, bayi akan lebih mudah merasa tidak nyaman dan ingin selalu dalam dekapan ibunya. Jadi jangan heran ketika si kecil tidak ingin ditinggal dan selalu ingin dipeluk dan digendong. Selain itu, respon si kecil saat didekatkan dengan payudara akan terlihat heboh dan terkesan selalu kelaparan. Hal ini mungkin terjadi akibat rasa lelah karena tiap ASI yang ia minum selalu habis untuk tumbuh kembangnya. 
 

source: https://www.tesco-baby.com/


 

  • Pola Bayi Tidur Berubah

Saat dan selama periode growth spurt, bayi akan mengalami perubahan pola tidur. Salah satu perubahan yang banyak terjadi adalah waktu tidur yang lebih lama dan bayi menjadi lebih sering tidur setiap harinya. Dari hasil sebuah penelitian mengungkap bahwa bayi yang sedang berada dalam periode growth spurt, akan mengalami perubahan pola tidur dengan adanya penambahan waktu tidur hingga 4,5 jam lebih lama dari waktu tidur biasanya. Namun, sebagian bayi lain malah mengalami pengurangan waktu tidur karena menghabiskan waktu untuk menyusu.
 

source: https://journal.thriveglobal.com/


Nah, itulah hal-hal penting yang harus kamu ketahui mengenai growth spurt pada bayi. Semoga bermanfaat dan selamat berjuang mengurus si kecil, Moms!