Berendam Menggunakan Air Hangat

Cara pertama untuk bisa mengatasi ambeien saat hamil adalah dengan berendam menggunakan air hangat. Langkah ini dapat dilakukan untuk membuat otot dan peredaran darah di seluruh bagian tubuh lain menjadi rileks. Dengan begitu, bagian yang mengalami ambeien akan membaik dan terasa lebih nyaman. Pastikan air yang kamu gunakan tidak terlalu panas, cukup hangat untuk bisa membuat seluruh otot rileks. 
 
source: https://www.serpadres.es/


 


Perhatikan Jadwal Istirahat 

Selain itu, pastikan juga kamu selalu mengoptimalkan waktu istirahat di tengah-tengah sibuknya aktivitas harianmu. Dengan beristirahat, kamu dapat mendapatkan energi yang nantinya mampu meringankan gejala dan rasa tidak nyaman akibat ambeien. Apalagi mengingat energi selama hamil akan sangat terkuras dan membuat ibu mudah merasa lelah.
 
source: https://hellosehat.com/


 

baca juga

Jangan Duduk Terlalu Lama

Saat ambeien mulai terasa kambuh, pastikan kamu menghindari posisi duduk yang terlalu lama. Apabila kamu merasa sudah terlalu lama duduk, segera ganti posisi dengan berbaring, berdiri, atau berjalan kecil di sekitar. Hal ini cukup penting mengingat duduk terlalu lama akan berdampak pada meningkatnya tekanan berlebih pada area pembuluh darah di sekitar anus, yang nantinya dapat semakin memperburuk ambeien.
 
source: https://www.alodokter.com/

Lakukan Gaya Hidup Sehat Dan Disiplin

Nah, kalau yang satu ini memang sudah seharusnya kamu lakukan sebagai seorang ibu yang sedang mengandung. Ya, melakukan pola hidup yang sehat dan disiplin akan sangat membantu pemulihan diri dari ambeien. Kamu dapat mulai mengonsumsi makanan berserat sehinga kotoran yang dihasilkan lebih lunak dan tidak menyakitkan. Selain itu, minumlah air putih secara rutin dan banyak agar kerja saluran pencernaan lebih mudah dan buang air besar lebih lancar.
 
source: https://www.uaewomen.net/


 

baca juga

Gunakan Obat Sesuai Petunjuk Dokter

Terakhir, apabila ambeien sudah semakin terasa mengganggu, segeralah lakukan pemeriksaan ke dokter. Jika memang rasa sakitnya sudah tidak bisa tertahankan, mintalah obat untuk dapat meredakan sakit ambeien. Ingat, hindari obat-obatan yang dijual bebas karena kamu harus memastikan obat yang kamu konsumsi benar-benar aman untuk ibu hamil.
 
source: https://vicare.vn/


Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu lakukan saat ambeien menyerang ketika hamil. Semoga bermanfaat, Moms!