Pasir Ajaib untuk Anak

Pasir ajaib atau yang juga populer dengan sebutan pasir kinetik, ternyata sedang populer di kalangan para ibu yang memiliki balita. Mainan yang satu ini memang dipercaya mampu melatih dan mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Kira-kira manfaat apa saja ya yang bisa didapatkan dari pasir ajaib ini? 

  1. Melatih gerak motorik halus anak. Dengan bermain pasir kinetik, anak akan melajar meraba, menggenggam, hingga membentuk pasir. Itulah sebabnya mainan ini dapat berkhasiar untuk melatih gerak motorik si kecil.
  2. Media sensory play. Selain itu, bermain pasir kinetik juga dapat bermanfaat sebagai media untuk melatih alat indera peraba anak. Ia akan belajar memahami tekstur dan bentuk dengan mainan ini.
  3. Mengoptimalkan daya kreatif anak. Dengan bermain pasir kinetik, anak akan berimajinasi dalam membuat bentuk atau bahkan area bermainnya sendiri.
  4. Sarana belajar yang seru dan unik. Kamu bisa menggunakan pasir kinetik untuk membuat bentuk dan mengajari anak beragam variasinya. Bahkan banyak pula yang mengajarkan anak menulis menggunakan pasir kinetik.

 
source: http://www.growingajeweledrose.com/


Setelah mengetahui beragam manfaat dari pasir kinetik pada anak, kamu dapat langsung membuat pasir kinetik sendiri di rumah dengan tutorial DIY Pasir Ajiab berikut ini:
 


Bahan Pasir Kinetik:

  1. 9 gelas Tepung Kanji
  2. 1 ¼ gelas Baby Oil
  3. Pewarna Makanan
  4. Gliter / Serbuk Kilau
source: https://thegadgetflow.com/


 

baca juga


Cara Membuat Pasir Kinetik Praktis

  1. Siapkan semua bahan yang dibutuhkan, termasuk juga wadah untuk mencampurkan bahan-bahannya.
  2. Campurkan semua bahan dengan material kering, seperti tepung kanji, glitter, serta pewarna makanan (apabila kamu menyediakannya dalam bentuk bubuk).
  3. Kamu juga bisa menambahkan serbuk minuman instan pada campuran bahan kering untuk menambah aroma wangi pada pasir kinetik nantinya.
  4. Aduk semua bahan kering hingga rata. Jika sudah, masukkan baby oil. Apabila kamu menggunakan pewarna berbentuk cair, masukkan bersama dengan baby oil.
  5. Ingat, masukkan baby oil secara perlahan agar kamu bisa menakar tekstur pasir kinetik yang kamu inginkan.
  6. Jika sudah, pasir kinetik siap untuk dimainkan. Pastikan kamu menggunakan wadah yang cukup besar agar si kecil bisa bebas berkreasi dan bermain.
source: http://www.growingajeweledrose.com/


 


Selain dari tepung kanji dan baby oil, ada banyak cara lain untuk membuat pasir kinetik yang memang aman untuk dimainkan anak-anak. Nah, berikut ini adalah video DIY membuat pasir kinetik dari bahan tepung terigu. Yuk, ditonton!
 

youtube:L3qDLXXZlFo
source: https://www.youtube.com/watch?v=L3qDLXXZlFo
Tips & Trik Membuat Mainan Pasir | Smart Mama #2


Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu tahu seputar pasir ajaib atau pasir kinetik sebagai mainan edukatif anak. Selamat membuat sendiri di rumah dan semoga berhasil, ya!