Selalu Dampingi Anak Saat Menggunakan Gadget dan Internet
 

Agar Tidak Kebablasan, Ini Dia Tips Menggunakan Internet Sehat untuk Anak
source: https://learningupdates.wordpress.com/


Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk memastikan penggunaan internet oleh anak dikategorikan sehat adalah dengan selalu mendampingi si kecil saat menggunakan gadget dan internet. Di masa kecilnya, anak perlu mendapatkan arahan mana yang baik dan mana yang buruk khususnya untuk persoalan etika dan moral dalam dunia digital. Arahkan juga anak untuk selalu mencari hal-hal yang positif dan bermanfaat saat sedang bermain internet.
 


Batasi Waktu Anak Bermain Internet dan Gadget
 

Agar Tidak Kebablasan, Ini Dia Tips Menggunakan Internet Sehat untuk Anak
source: https://kids.kaspersky.com/


Agar proses pendampingan berjalan dengan optimal, kamu juga harus mengatur waktu anak bermain internet dan gadget secara disiplin. Buat anak menyadari bahwa kedisiplinan adalah hal yang sangat penting. Ada banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi anak yang ketagihan bermain internet, yaitu dengan menyembunyikan dan membatasi aksesnya dengan internet, serta mengalihkannya dengan beragam permainan dan media belajar lain.
 

baca juga


Ajarkan Anak Mengenai Literasi Media
 

Agar Tidak Kebablasan, Ini Dia Tips Menggunakan Internet Sehat untuk Anak
source: https://www.superhealthykids.com/


Dengan mengakses internet, peluang dan kesempatan anak dalam terpapar banyak informasi baik ataupun buruk akan terbuka lebar. Itulah sebabnya anak harus mempunyai kemampuan dan kecakapan literasi media yang baik. Kemampuan ini perlu dilatih dan diajarkan sejak dini sebelum anak terjerumus dengan beragam konten buruk dan negatif yang tersebar bebas di internet.
 


Terapkan Parental Control
 

Agar Tidak Kebablasan, Ini Dia Tips Menggunakan Internet Sehat untuk Anak
source: http://robhoskins.onehope.net/


Terakhir, optimalkan pendidikan internet pada anak dengan menerapkan parental control terhadap penggunaan internet untuk anak. Lakukan pemblokiran beberapa situs website yang memang belum boleh diakses anak. Selain websiter, beberapa sosial media yang ternyata memiliki ketentuan batas usia pengguna juga perlu kamu perhatikan untuk menghindari anak yang terlalu dini mengakses sosial media.