Faktor Keturunan

Salah satu hal yang menyebabkan darah menstruasi sedikit adalah karena faktor genetik atau keturunan. JIka nenek atau ibu memiliki darah menstruasi yang sedikit, kemungkinan besar kita juga akan mengalami hal yang serupa. Darah menstruasi yang sedikit karena faktor keturunan tidak berbahaya dan tidak bisa diobati karena hal ini sudah menjadi bawaan genetik dalam tubuh.

source: https://www.edna.bg

Faktor Usia

Faktor usia bisa menjadi penyebab darah menstruasi berjumlah sedikit. Biasanya, wanita yang sedang berada pada masa pubertas akan mengalami menstruasi secara tidak teratur dengan jumlah haid yang sedikit. Selain itu, wanita yang sudah berada pada masa menopause juga akan mengalami hal yang serupa. Sedikitnya darah menstruasi pada masa pubertas dan menopause disebabkan karena hormon yang tidak seimbang pada saat awal dan saat menuju akhir wanita mengalami menstruasi.

source: http://www.womansday.com
baca juga

Faktor Psikis

Wanita yang sedang mengalami stres atau memiliki beban pikiran yang berat, kemungkinan besar akan memproduksi darah menstruasi yang sedikit. Kondisi psikis bisa mempengaruhi produksi hormon dalam tubuh. Produksi hormon yang tidak stabil akan sangat mempengaruhi jumlah darah menstruasi yang diproduksi saat siklus menstruasi terjadi. Jumlah darah haid biasanya akan kembali normal jika kita tidak lagi mengalami stres karena beban pikiran yang kita hadapi sudah teratasi.

source: http://www.actmentalhealth.com

Penggunaan Alat Kontrasepsi

Penggunaan alat kontrasepsi bisa mempengaruhi produksi hormon dalam tubuh wanita. Seperti yang kita tahu, hormon adalah faktor yang sangat penting untuk mengendalikan menstruasi. Jika hormon kita terganggu karena alat kontrasepsi, salah satu efek yang terjadi adalah jumlah darah haid yang sedikit. Gejala ini umumnya ditemui pada wanita yang menggunakan pil KB. Meskipun begitu, pengguna IUD juga bisa mengalami gangguan yang serupa.

source: http://vienyhocungdung.vn
baca juga

Gangguan Tiroid

Sistem metabolisme pada tubuh dikendalikan oleh hormon yang diproduksi oleh kelenjar tiroid. Ketika terjadi gangguan pada kelenjat tiroid, maka produksi hormon menjadi terganggu. Gangguan pada hormon pastinya berdampak pada menstruasi kita, salah satunya adalah jumlah menstruasi yang sedikit. Kalau penyebab haid sedikit terjadi karena gangguan tiroid, maka cara mengatasinya adalah dengan mengobati gangguan itu terlebih dahulu.

source: http://www.alodokter.com/penyakit-tiroid

Artikel dari: http://beautynesia.id/13890