Mengandung Banyak Bahan Kimia Berbahaya

Tisu pembersih wajah banyak mengandung bahan kimia yang dapat membuatnya tetap lembap meskipun kemasannya telah terbuka dan juga terdapat bahan pengawet. Sebagian besar bahkan menggunakan alkohol untuk mencegah bakteri. Tisu pembersih wajah juga mengandung surfaktan untuk melarutkan makeup dan kotoran serta mengandung Methylisothiazolinone (MI) yang merupakan salah satu formalin bebas. Bahan tersebut terbukti mampu meningkatkan risiko dermatitis dan alergi. Selain itu terdapat juga Propylene Glycol dan Dipropylene Glycol yang merupakan bahan penyebab iritasi kulit, paraben yang merupakan kimia mudah diserap tubuh dan salah satu penyebab kanker, Fenoksietanol yang menjadi penyebab salah satu iritan serta 2-Bromo-2-nitropropane 1, 3-Dio merupakan agen antimikroba ampuh dengan peringkat bahaya tertinggi.

 

source: http://health.liputan6.com

Tidak Membersihkan Secara Efektif

Tisu pembersih wajah tidak memiliki daya serap yang baik seperti kapas, sehingga tisu pembersih wajah hanya akan terlihat membersihkan saja namun sesungguhnya tidak sampai menyerap minyak dan kotoran di wajah. Hal ini dapat menyebabkan bakteri dan kuman masih tertinggal di permukaan kulit kamu. Selain itu, hanya membersihkan dengan tisu pembersih wajah tanpa membilasnya kembali dengan air hanya akan membuat kulit kamu terasa lengket. Meskipun tidak dianjurkan penggunaan tisu pembersih wajah secara terus menerus, namun jika terpaksa memakainya kamu harus tetap membilas wajah dengan air sestelahnya dan hindari pemakaian di area mata dan bibir.

 

source: https://askanesthetician.wordpress.com
baca juga

Menyebabkan Iritasi

Tisu pembersih wajah mengandung bahan kimia seperti surfaktan yang bisa memicu timbulnya iritasi serta kemerahan. Mengapa pada pembahasan sebelumnya dianjurkan menghindari area mata dan bibir ketika kamu terpaksa menggunakan tisu pembersih wajah? Hal ini dikarenakan kulit di area mata 10 kali lebih sensitif dan lebih tipis jika dibandingkan bagian wajah yang lain. Jika kamu menggosok area sekitar mata dengan keras memakai tisu pembersih wajah, hal ini dapat membuat kulit tertarik dan membuat garis-garis halus di sekitar mata. Bahkan menghapus lipstick juga tidak dianjurkan memakai tisu pembersih wajah karena bibir juga area paling sensitif dan dapat timbul iritasi juga akibat pemakaian tisu pembersih wajah.

 

source: https://www.upstation.id/

Menimbulkan atau Memperparah Jerawat

Jika wajah kamu berjerawat, membersihkan wajah dengan tisu pembersih wajah mutlak kamu hindari. Membersihkan wajah dengan tisu pembersih wajah ketika wajah memiliki jerawat tidak akan membersihkan, namun hanya akan menyebarkannya ke seluruh permukaan wajah sehingga jerawat justru semakin parah. Cara kerja tisu pembersih wajah sebenarnya tidak 100% membersihkan melainkan hanya memindahkan kotoran dan bakteri dari satu tempat ke tempat lain. Oleh karena itu, membersihkan wajah dengan tisu pembersih wajah rawan menyembabkan penyumbatan pori-pori kulit sehingga dapat menimbulkan jerawat.

 

source: https://www.orami.co.id
baca juga

Kantung Mata Kendur

Selain iritasi, pemakaian tisu pembersih wajah di area mata dapat memicu kulit di area mata mengendur. Hal ini terjadi karena saat membersihkan wajah dengan tisu pembersih wajah dipastikan kamu akan menggosok dengan keras pada area tersebut. Tekstur pada tisu pembersih wajah yang keras dan kasar membuat area kulit mata yang sensitif dan tipis menjadi kendur.

 

source: http://style.tribunnews.com

Kulit Kering dan Keriput

Bahaya lainnya akibat penggunaan tisu pembersih wajah adalah kulit menjadi kering dan keriput. Tisu pembersih wajah biasanya memiliki kandungan alkohol yang tujuannya untuk membunuh bakteri atau membersihkan makeup. Namun, kenyataannya alkohol juga dapat membuat kulit wajah kamu menjadi kering. Selain kering, kulit juga bisa menjadi keriput karena pemakaian tisu pembersih wajah tidak efektif mengangkat kotoran dan sel kulit mati dan kulit juga tidak dapat menyerap khasiat dari produk skincare yang akan kamu gunakan.

 

source: http://megapolitan.kompas.com

Artikel dari: http://beautynesia.id/22215