1. Puzzle

source: http://www.sheknows.com

Karena sekarang sudah banyak mainan yang dibuat khusus untuk meningkatkan kecerdasan otak anak, jadi kamu tidak lagi sulit memilih mainan untuk anak. Salah satu yang mudah sekali didapatkan adalah puzzle. Kamu sudah bisa membelikan puzzle untuk bayi yang berusia di atas 10 bulan. Manfaat bermain puzzle ini banyak sekali lho, di antaranya meningkatkan kemampuan anak memecahkan masalah dengan menggabungkan potongan puzzle satu demi satu, sampai membentuk gambar. Selain itu, anak bisa mengenal beragam warna dan gambar dari permainan ini.

 

baca juga

2. Flash Card

source: https://www.amazon.com/Smarty-Kids-A-Z-Flash-Cards/dp/B004U8SENI

Meskipun permainan ini terkesan jadul, tapi flash card efektif untuk membuat anak tumbuh cerdas. Flash card adalah mainan anak yang sangat bagus untuk bermain sekaligus belajar, karena dari gambar di flash card, anak dapat mengenal angka, huruf, hewan, warna, bentuk dan sebagainya. Bermain flash card akan merangsang kemampuan otak kanan dan mengembangkan kemampuan anak dalam mengingat sesuatu.

 

3. Lego

source: http://brickdave.com/

Imajinasi anak akan dilatih untuk menyusun potongan lego berwarna-warni menjadi sesuatu yang ada dalam bayangan anak, ataupun sesuai petunjuk yang tertera pada kertas. Permainan ini juga bisa menjadi media awal bagi anak untuk mengenal desain, arsitektur dan bangunan. Selain meningkatkan kecerdasannya, lego juga dapat mengembangkan kreativitas anak lho. So, pastikan kamu membelikan si kecil mainan ini yah, Ladies!

 

baca juga

4. Squishy

source: https://www.dylanjones.com.au/shop/squishy-super-set/

Mainan yang sedang hits ini ternyata enggak hanya digunakan untuk kesenangan saja, tapi juga punya manfaat kognitif lho. Squishy berupa mainan berbahan dasar spons, yang bisa ditekan akan mengerut dan bila dilepaskan akan kembali ke bentuk semula, ternyata dapat menjadi media bagi anak untuk mengenal bentuk, misalnya bentuk bulat, segitiga, persegi dan lain-lain. Selain itu, dari sini anak bisa mengenal mengenai berbagai macam hal seperti nama binatang, nama benda dan sebagainya. Jadi, enggak bakalan rugi kalau kamu membiarkan anak mengoleksi squishy!