Percaya atau tidak, memasak sayuran hijau seperti kangkung, sawi, atau bok choy membutuhkan teknik tersendiri. Maklum saja, sayuran tersebut terlalu keras untuk dimakan mentah, namun akan terasa kurang lezat kalau kelewat matang. Padahal selain mengurangi kelezatan, proses masak yang terlalu lama dapat mengurangi kandungan gizi dalam sayuran, lho.

source: http://www.berkeleywellness.com/healthy-eating/food-safety/slideshow/keep-your-salad-greens-safe

Untuk mengakalinya, tunggu hingga panci benar-benar panas dan gunakan api besar. Meskipun kamu memasak dengan cara merebus atau menumis, tunggu hingga air atau minyak benar-benar panas, kemudian masukkan sayuran dan aduk rata.

Ketika sayuran sudah tampak layu, segera angkat agar sayuran tak kehilangan tekstur renyah.

source: http://cookingwithamy.blogspot.co.id/2011/04/sauteed-mixed-greens-recipe.html
baca juga

Cara memasak sayuran hijau yang benar:

  1. Persiapkan sayuran yang akan dimasak. Pilih yang tidak terlalu tua atau terlalu muda, dan pilih sayuran dengan kondiisi baik, dengan daun segar yang tidak dimakan ulat. Potong lalu buanglah bagian sayuran yang kurang baik.
  2. Cuci bersih sayuran dengan air mengalir hingga bersih.
  3. Potong-potong sayuran hijau, menggunakan pisau maupun dengan cara merobeknya.
  4. Untuk merebus: Setelah air mendidih, masukkan sayuran dan tutuplah panci. Terus pantau untuk mengetahui kapan sayur nampak layu dan siap untuk diangkat. Tips: Berikan sedikit garam pada air rebusan. Kamu juga dapat menggunakan kaldu sebagai ganti air rebusan.
  5. Untuk menumis: Setelah minyak benar-benar panas, masukkan bumbu-bumbu. Tuang sayuran, aduk rata, dan angkat ketika sudah layu.
  6. Sajikan.
source: http://whytoread.com/cook-books-top-5-cooking-books-beginners/

Nah, apakah cara Moms memasak sayuran sudah benar? Yuk, terapkan cara memasak sayuran di atas untuk olahan santapan sayur yang lezat untuk keluarga!

Artikel dari: http://beautynesia.id/10840