Tersenyum

source: http://mymodernmet.com

Biasanya bayi yang lahir normal sudah bisa membalas senyum orangtuanya saat berusia sekitar 2 bulan, namun beberapa bayi lain memerlukan waktu yang sedikit lama melakukannya, misalnya bayi yang terlahir dengan kondisi prematur. Nah, cobalah rangsang kemampuan baru si kecil ini dengan selalu mengajaknya berbicara dan menampakkan mimik-mimik lucu yang disukainya.

 

baca juga

Berguling

source: http://pregnancyandbaby.com

Beberapa bayi ada yang sudah mulai berguling saat berusia 3 bulan, namun biasanya benar-benar melakukannya saat usia 4-6 bulan. Awalnya bayi akan berguling dari depan ke belakang,  kemudian ia dapat berguling kembali ke depan. Ada kalanya bayi akan merasa terjebak atau marah bahkan menangis saat melakukannya. Untuk mendorong bayimu melakukan hal ini, maka kamu perlu tidur bersamanya di lantai ya. Lalu ajak ia mengambil benda yang sedang kamu pegang.

 

Duduk Sendiri

source: http://activebabiessmartkids.com.au

Di usia 6 bulan, sekitar 50% bayi sudah bisa duduk namun harus disangga. Lalu di usia 8 bulan, bayi sudah bisa duduk sendiri tanpa perlu lagi dibantu atau ditopang. Agar buah hati kesayanganmu dapat melalui proses ini dengan baik, kamu perlu membiarkannya lebih banyak berada di lantai. Kalau kamu selalu menggendong dan mendudukkannya dalam ayunan atau kursi khusus bayi, malah akan menghambat proses duduknya.

 

baca juga

Merangkak

source: http://www.momjunction.com

Umumnya bayi merangkak antara usia 6-9 bulan. Dorong bayimu untuk merangkak dengan memberinya banyak kesempatan bermain di lantai. Kamu juga perlu ikut tiarap di lantai dan tunjukkan benda berwarna terang kepadanya, kemudian gerakkan dan panggil bayimu untuk mendekat ke arah benda tersebut.

 

Menggenggam dan Memegang Sesuatu

source: https://whatmakesusclick.com

Ternyata di usia 6 bulan, bayi sudah bisa menggunakan kedua tanggannya untuk memegang sesuatu lho. Kalau kamu lagi memegang mainan, maka kemungkinan Si Kecil ingin mengambilnya darimu. Nah, untuk merangsang tonggak tumbuh-kembang anak ini, maka tunjukkanlah benda berwarna-warni dan benda yang menimbulkan bunyi agar ia tertarik untuk meraihnya. Berikan benda berukuran cukup besar yah, dan jangan memberikan benda kecil, karena dapat dimasukkannya ke mulut sehingga bayi bisa tersedak.

 

Berdiri Sendiri

source: https://beyondbasicplay.wordpress.com

Sebagian besar bayi akan berusaha untuk berdiri pada usia 9 hingga 12 bulan, namun sebenarnya kamu sudah bisa mendorong bayi mungilmu untuk mencoba berdiri pada usia 8 bulan. Sama halnya dengan duduk, cobalah menstimulasi kemampuan Si Kecil dengan menggunakan mainan yang menariknya untuk berdiri. Jangan menyerah menstimulasi bayimu sampai ia benar-benar bisa berdiri tanpa bantuan ya! Setelah sukses berdiri sendiri, maka ia akan mulai berjalan dan berlari. Kamu pasti akan bahagia melihat tumbuh kembang anak berlangsung dengan cepat sekali!

Good luck!