1. Rutin Membersihkan Rumah dan Perabotan

Gejala-gejala alergi debu pada anak bisa berupa bersin, hidung berair, mata merah dan gatal, batuk, nyeri wajah, mata bengkak, gatal pada hidung, mulut dan tenggorakan. Oleh sebab itu moms wajib rutin membersihkan perabotan di rumah seperti tempat-tempat yang biasanya mudah terkena debu seperti bagian bingkai foto, meja, bagian atas TV, vas bunga, atau pajangan dan aksesoris lainnya. 

Perhatikan, Moms! Lakukan 4 Hal Ini Agar Si Kecil Aman dari Alergi Debu
source: http://beckncallmaids.com

2. Memberikan Suplemen Makanan

Selain membuat lingkungan rumah selalu bersih, untuk menghindari alergi debu pada anak, moms juga bisa memberikan makanan yang mengandung antioksidan. Misalnya buah-buahan seperti jeruk, strawberry, apel dan sayuran hijau lainnya. Selain itu Moms juga bisa memberikan suplemen anak atau susu formula agar daya tahan tubuhnya tetap baik. 
 

Perhatikan, Moms! Lakukan 4 Hal Ini Agar Si Kecil Aman dari Alergi Debu
source: https://singaporemotherhood.com
baca juga

3. Ganti Sepray Tepat Waktu

Tempat tidur juga bisa menjadi sarang kuman dan debu-debu yang berasal dari pakaian si anak atau mainannya. Ada baiknya sebisa mungkin moms mengganti sepray tepat waktu setidaknya dua minggu satu kali. Selain itu bersihkan seprai ketika anak mau tidur dan ketika ia bangun tidur. Hal ini untuk menhindari kuman atau kutu kasur bersarang di seprai. 

Perhatikan, Moms! Lakukan 4 Hal Ini Agar Si Kecil Aman dari Alergi Debu
source: https://mywordsnthoughts.com

4. Jangan Sering Menggunakan Kipas Angin atau AC

Air Conditioner (AC) dan kipas angin merupakan alat elektronik rumah tangga yang menjadi sarang debu paling banyak. Ada baiknya Moms mengurangi penggunaan kedua barang elektronik ini ketika anak tidur. Nah, alangkah lebih baiknya kipas sering dibersihkan minimal dua atau tiga minggu sekali untuk menghindari debu menumpuk terlalu banyak pada kipas angin. 

Perhatikan, Moms! Lakukan 4 Hal Ini Agar Si Kecil Aman dari Alergi Debu
source: https://www.parents.com

Itulah beberapa tips mudah dan sederhana yang bisa Moms rutin lakukan agar anak terhindar dari alergi debu. Semoga bermanfaat ya Moms!