Ciput Bandana

Ciput hijab pertama yang akan dibahas adalah ciput bandana. Ciput ini memiliki bentuk seperti bandana yang sedikit lebih lebar. Biasanya ciput jenis ini hanya dapat menutupi bagian dahi hingga ubun-ubun kepala. Fungsinya adalah untuk menjaga poni agar tidak keluar-keluar. Ciput bandana akan sangat nyaman digunakan jika bahan hijab yang kamu gunakan sudah tebal. Jadi, kamu tidak perlu khawatir bagian leher atau ikatan rambutmu menerawang.

source: https://www.pinterest.com/pin/450219293982465500/

Ragam ciput bandana saat ini sudah bermacam-macam. Berdasarkan bentuknya, ada ciput bandana yang karet, ada yang tali sehingga perlu diikat. Ciput bandana tali sangat cocok untuk kamu yang memiliki kepala sedikit besar agar kamu dapat menyesuaikan ukuran kepala kamu. Selain itu, bahan ciput bandana pun sangat beragam, mulai dari katun, rayon, jersey, brukat, hingga bahan rajut.
 

Ciput Turban

Yang kedua adalah ciput turban. Ciput jenis ini hampir mirip dengan ciput bandana. Akan tetapi, jika ciput bandana memiliki dua lubang di kedua sisinya, ciput turban hanya memiliki satu lubang. Sisi yang satunya dibuat tertutup untuk membungkus rambut agar tidak berantakan. Ciput jenis ini cukup digemari oleh hijabers yang ingin rambutnya rapi. 

source: https://dapurmuslimahku.wordpress.com/2014/10/12/various-inner-veil/

Sama seperti ciput bandana, ciput turban juga memiliki keragaman berdasarkan bahan dan cara pemakaiannya. Selain itu, ciput turban biasanya memiliki kreasi yang beragam, mulai dari perpaduan dua warna, ujung kerut, atau ujung payet. 
 

baca juga

Ciput Ninja

Nah, kalau ciput yang satu ini adalah ciput yang pasti sudah tidak asing lagi di kalangan hijabers. Ciput ninja adalah inner hijab yang menutupi seluruh bagian kepala hingga leher. Sebagian ciput ninja juga ada yang sampai menutupi dada dan punggung. Ciput ninja sangat bermanfaat untuk kamu yang menyukai hijab berbahan tipis. Selain menyempurnakan hijabmu agar tidak menerawang, ciput ninja juga dapat menjaga bentuk dan membantu kreasi hijabmu. 

source: https://www.pinterest.com/pin/748793875515730118/

Ciput dengan Pet

Jika kamu menyukai hijab dengan ujung dahi yang tegak, kamu pasti familiar dengan ciput berpet. Pad berfungsi seperti topi, yaitu untuk menjaga ujung hijab pada bagian dahi agar tetap tegak dan rapi. Pad terdapat pada ciput bandana, ciput turban, dan juga ciput ninja. Kamu hanya perlu mencari ragam ciput berpet untuk mendapatkan gaya hijab yang kamu suka, jika kamu menyukai hijab bertopi.

source: http://butikaini.com/ciput-dalaman-jilbab-ber-pet-dan-ber-tali/

Variasi ciput pad juga bermacam-macam lho. Perhatikan ukuran dan bentuk pad yang ditawarkan oleh para pedagang. Jika kamu membeli online, kamu bisa menanyakan ciput pad untuk antem (anti tembem), atau ciput pad biasa. 
 

baca juga

Ciput dengan Cepol

Selanjutnya, kamu juga dapat melihat ciput dengan variasi cepol atau konde. Biasanya ciput jenis ini sangat pas untuk kamu yang memiliki rambut pendek. Aksen cepol pada kepala akan membuat hijab kamu lebih berbentuk, apalagi jika kamu kurang percaya diri dengan bentuk kepala kamu. Kamu juga dapat memilih bentuk cepol yang beragam dengan posisi cepol yang bebeda-beda. Cepol pada ciput biasanya terbuat dari busa atau kapas yang dimasukkan ke dalam ciput.

source: https://www.pinterest.com/pin/335870084684027438/

Nah, itulah jenis-jenis ciput hijab yang biasa dikenakan oleh para hijabers. Kamu dapat mempertimbangkan jenis ciput mana yang kamu perlukan dan cocok untuk style hijab kamu. Semoga bermanfaat, ya!
 

Artikel dari: http://beautynesia.id/14181