Bayam

source: http://www.simplyrecipes

Kenapa bayam sangat penting? karena sayuran berdaun hijau ini kaya akan asam folat yang diperlukan untuk membangun dan menghubungkan syaraf-syaraf bayi setelah terjadi pembuahan. Selain itu, bayam tinggi zat besi yang bermanfaat untuk membantu menghasilkan sel darah merah yang sehat di dalam tubuh. Untuk menyajikan bayam yang lezat, kamu bisa menumisnya dengan telur, dicampur salad dan disajikan dalam bentuk smoothies. Pastikan bayam ada di dalam menu harianmu yah!

 

baca juga

Telur

source: http://thepioneerwoman.com/food-and-friends/12-ways-to-garnish-classic-deviled-eggs/

Selain tinggi protein, telur juga mengandung kalsium dan vitamin D yang diperlukan untuk membantu pembentukan dan perkembangan tulang calon bayi menjadi sehat dan kuat. Telur bisa kamu olah dengan cara direbus, digoreng, omelet, orak-arik sebelum disantap. Karena termasuk bahan makanan yang mudah didapat, jadi enggak ada alasan kamu enggak mengonsumsi telur selama hamil, terutama di trimester pertama kehamilan!

 

Brokoli

source: https://smittenkitchen.com/2017/02/broccoli-pizza/

Brokoli merupakan sayura bergizi tinggi. Sayuran berbentuk lucu ini megandung tinggi zat besi yang berguna untuk membentuk sel darah merah dalam tubuh calon bayi di dalam rahim. Sel darah merah inilah yang nantinya akan berperan sebagai alat angkut oksigen di dalam tubuh.
Cara mengolah brokoli terbilang simpel, cukup direbus ataupun ditumis dan dimasukkan dalam bahan sop.

 

baca juga

Yogurt

source: http://bewellhub.com/top-10-super-foods-to-strengthen-your-bones/

Mengonsumsi yogurt selama trimester pertama kehamilan sangat penting karena kaya akan kalsium dan vitamin D, yang diperlukan untuk membangun tulang calon bayi. Pastikan kamu memenuhi kecukupan nutrisi ini selama hamil, untuk mencegah si calon bayi 'mencuri' kalsium dan vitamin D dari tulang dan tubuhmu yah! Yogurt bisa kamu santap dengan campuran buah, dan menambahkannya dalam smoothie yang kamu buat.

 

Daging Ayam

source: http://www.delish.com/cooking/g1683/baked-chicken/

Daging ayam kaya akan zat besi yang diperlukan untuk pembentukan sel darah merah, dan membantu tubuhmu untuk mendapat banyak oksigen. Kecukupan oksigen dalam tubuh juga mengambil peran penting selama kehamilan, karena digunakan juga oleh janin di dalam rahim.
Ada banyak cara mengolah daging ayam menjadi makanan lezat. Tergantung seleramu apakah lebih suka ayam yang direbus, dibuat sop, digoren, dibuat ayam tepung dan lain-lain. Hanya saja pastikan daging ayam yang kamu konsumsi bebas dari suntikan hormon yah!

 

Ikan Salmon

source: http://www.greatbritishchefs.com/recipes/salmon-with-langoustine-recipe

Sebenarnya ibu hamil disarankan untuk menghindari ikan saat hamil, terutama ikan laut karena mengandung kadar merkuri yang tinggi. Tapi salmon adalah jenis ikan laut yang kandungan merkurinya sedikit sekali, sehingga masih disarankan untuk dikonsumsi. Salmon mengandung banyak kalsium, asam lemak omega-3, vitamin D yang diperlukan untuk perkembangan otak dan tulang janin.