Kontrol ke Dokter Secara Rutin

source: http://diaperchamp.com

Sesaat setelah kamu mengetahui dirimu tengah berbadan dua, maka segera cari dokter kandungan yang bagus dan periksakan kandunganmu dengannya. Usahakan memilih dokter yang telah berpengalaman yah! Terus, jangan lupa untuk kontrol kandungan secara rutin. Kalau kamu melewatkan satu konsultasi saja, maka kamu tidak akan mengetahui perkembangan yang sedang terjadi dalam rahimmu. Selain itu, setiap kontrol pasti dokter akan memberimu saran bagaimana menjalani kehamilan yang baik dan sehat.

 

baca juga

Konsumsi Makanan Bergizi yang dapat Membantu Perkembangan Janin

source: http://www.copilul.ro

Di dalam tubuh, janin akan mengambil nutrisi dari tubuh ibu untuk berkembang. Oleh karenanya, kamu harus pastikan makanan yang kamu konsumsi itu mengandung gizi seimbang, seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral seperti asam folat, zat besi, zinc, kalsium, magnesim dan lain-lain. Kamu enggak perlu menambah porsi makanan jadi dua kali lipat dari biasanya. Cukup makan dengan porsi seperti biasa 3 kali sehari dan diselingi dengan camilan sehat 2 kali sehari. Ingat, kurangi mengonsumsi makanan instan dan junkfood karena minim dan sama sekali tidak mengandung nutrisi.

 

Istirahat yang Cukup Agar Tidak Kelelahan

source: http://pregnancypillows.org

Kelelahan terutama di trimester pertama sangat mudah menghinggapi ibu hamil, dan biasanya gara-gara terlalu capek, kamu bisa mengalami perdarahan. Karena itu, selama trimester pertama, perbanyaklah beristirahat, kurangi aktivitas berat dan jangan begadang. Jika ada waktu, gunakanlah waktumu sejam untuk tidur siang dan 7-8 jam tidur di malam hari. Kalau merasa capek, maka lakukan relaksasi sederhana, dengan cara duduk dan luruskan kaki selama 30 menit.

 

baca juga

Berolahraga Agar Tetap Fit dan Bugar

source: http://thisfitsme.com

Selama hamil kamu tetap dianjurkan untuk berolahraga. Ini berguna agar kamu tetap sehat dan bugar menjalani kehamilanmu selama 9 bulan. Untuk di trimester pertama, lakukanlah olahraga atau latihan-latihan ringan seperti berjalan kaki dan yoga. Kedua olahraga ini, bermanfaat untuk melancarkan aliran dalam tubuh, meregangkan otot dan memberimu perasaan tenang dan rileks.

 

Tahan Diri untuk Mengonsumsi Kafein dan Alkohol

source: https://goinghometoroost.com

Big NO! untuk kopi, teh dan minuman beralkohol saat kamu hamil terutama di trimester pertama. Karena dua zat ini bisa mengganggu kehamilanmu yang sudah kamu jaga dengan hati-hati. Kafein dan alkohol dapat masuk ke tubuh bayi lewat aliran darah dan plasenta, dan rentan mengakibatkan janin tidak berkembang dengan baik dan keguguran.

 

Hindari Rokok dan Asap Rokok!

source: http://www.geekweek.pl

Kamu pasti tahu bila rokok mengandung lebih dari 4.000 zat mematikan. Orangtua perokok berpotensi meningkatkan keguguran janin, bayi lahir prematur, dan cacat lahir. Jadi, jauh-jauhlah dari rokok dan asap rokok. Jika si suami ternyata punya kebiasaan merokok yang sulit dihentikan, buatlah aturan agar jangan merokok dalam rumah, demi kebaikan bersama dan calon bayi. Asap rokok akan hinggap pada benda-benda di dalam rumah dan terhirup.