Melakukan perawatan pada organ intim wanita atau vagina penting dilakukan. Pasalnya area tersebut terbilang sensitif sehingga rentan mengalami masalah atau terserang penyakit yang akan membahayakan kesehatanmu.

Masalah kewanitaan seperti keputihan, gatal maupun bau tak sedap bermula karena kamu malas membersihkan organ intimmu. Nah, agar vaginamu senantiasa sehat dan harum kamu dapat melakukan 3 langkah mudah ini lho Moms. Apa saja itu? Yuk, simak.
 

source: http://lifestyle.kompas.com




1. Celana Dalam

Vagina sangatlah sensitif sehingga rentan terserang penyakit. Celana dalam menjadi salah satu pemicu utama vagina terserang bakteri lho ladies. Karena itu, hal utama yang harus kamu lakukan adalah memilih celana dalam berbahan katun sehingga dapat menyerap keringat.

Selain itu, pastikan bahwa celana dalam selalu kering, pasalnya area vagina yang lembap akan membuat bakteri bersarang dan berkembang biak. Selalu keringkan area vaginamu setelah buang air dan ganti celana jika basah. Tak lupa untuk tidak mengenakan celana dalam yang terlalu ketat ya Moms.
 

source: https://www.brilio.net
baca juga




2. Melakukan Perawatan Alami

Salah satu cara mudah yang dapat kamu lakukan agar vaginamu senantiasa sehat dan harum adalah dengan melakukan perawatan alami seperti mengenakan daun sirih. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu merebus beberapa lembar daun sirih setelah mendidih campur dengan air dingin dan bilas vagina.

Selain itu, kamu juga disarankan untuk tidak mengenakan produk kebersihan vagina yang mengandung alkohol karena hanya akan membuat vaginamu mengalami iritasi. Selain itu, saat membersihkan vagina lakukanlah hanya pada bagian luar saja, karena vagina dapat membersihkan dirinya sendiri.
 

source: http://lifestyle.kompas.com




3. Mengonsumsi Makanan Sehat

Apa hubungannya mengonsumsi makanan sehat dengan kesehatan vagina? Ya, selain dapat membuat tubuh sehat dan terbebas dari berbagai penyakit. Mengonsumsi makanan sehat seperti yoghurt ternyata baik untuk Miss V kamu.

Bahkan saat kamu mengalami keputihan dan gatal pada vagina, kamu bisa mengatasinya dengan mengonsumsi yoghurt maupun mengoleskannya langsung pada vagina. Eits... tapi harus yoghurt yang plain ya Moms.

Selain itu, kamu juga disarankan untuk sering mengonsumsi air putih. Mengapa? Beberapa peneliti menemukan bahwa air putih ternyata dapat membantu menjaga kulit area organ intim kamu menjadi tetap sehat.
 

source: http://bellanyc.com
Artikel dari: http://beautynesia.id/16669