Tidur dengan Posisi Miring

Posisi tidur ibu hamil yang paling baik adalah miring ke sisi kiri. Tidur dengan posisi miring ke sisi kiri akan membantu mengoptimalkan aliran darah dan memberikan kenyamanan pada ibu. Buat Moms yang tidak terbiasa tidur ke sisi kiri, coba manfaatkan bantal. Untuk posisi yang lebih nyaman, tekuk kaki dan lutut kemudian tempatkan sebuah bantal di antara kaki. Kamu juga dapat menempatkan bantal di bagian punggung. Sementara tidur di sisi kanan, tidak begitu disarankan karena dapat menekan pembuluh darah vena besar atau IVC dan membuat ibu tidak nyaman.
 
Tidur dengan Posisi Miring
source: https://www.aliexpress.com

 

Hindari Tidur Telentang

Antara usia kehamilan 15 dan 20 minggu, rahim mulai membesar sehingga akan mengganggu aliran darah ketika ibu hamil tidur telentang. Tidur telentang akan mengakibatkan pembuluh darah Vena cava inferior (IVC) atau vena besar tidak melakukan tugasnya dengan baik. Tidur dengan posisi telentang juga berisiko menyempitkan aorta sehingga menghalangi suplai darah utama ke tubuh dan plasenta. Akibatnya, tidur telentang dapat mengurangi kembalinya darah ke jantung dan membuat ibu terbangun dengan napas pendek atau seolah jantungnya berdetak kencang. 
 
Hindari Tidur Telentang
source: http://angohealth.com

 
baca juga

Tidur Telungkup

Tidur telungkup atau posisi perut di bawah, baik-baik saja di awal kehamilan, tetapi lambat laun seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, ibu dianjurkan untuk tidak tidur dengan posisi ini. Umumnya, posisi telungkup tidak masalah sampai perut membesar, yaitu antara 16 dan 18 minggu, tergantung pada seberapa besar perut ibu hamil. Namun, begitu benjolan perut terlihat, tidur di atas perut menjadi sangat tidak nyaman. Menghindari tidur di atas perut, bukan hanya tentang kenyamanan tetapi juga untuk alasan keamanan. Tidur telentang menimbulkan efek negatif sama seperti tidur teletang. Tidur dengan posisi ini akan dapat menyebabkan bayi bergerak di dalam rahim dan menekan aorta dan IVC.
 
Tidur Telungkup
source: https://pillowpicker.com

Nah, itu dia posisi tidur yang aman dan yang perlu dihindari selam kehamilan, Moms. Jangan anggap sepele posisi tidur ini selama kehamilan ya!