1. Buah Naga

Tidak semua jenis buah bisa diberikan untuk bayi sebagai makanan pertama. Namun, buah naga adalah pengecualian. Untuk menyajikannya kepada bayi, daging buah naga dikerok, lalu dihaluskan sampai teksturnya menjadi puree. Menu MPASI unik berupa buah naga ini bisa diberikan kepada bayi saat usianya sekitar 8-9 bulan. 

Kandungan gizi buah naga tinggi sekali, Moms. Selain kaya vitamin dan mineral, buah berwarna merah keunguan ini juga mengandung anti-oksidan untuk menangkal radikal bebas sehingga bayi tidak mudah terkena penyakit. Buah naga juga baik untuk melawan kanker dan rendah kolestrol, sehingga bermanfaat untuk kesehatan anak. 
 
1. Buah Naga
source: https://depositphotos.com

 

2. Oatmeal

Oatmeal juga bisa diolah menjadi MPASI sehat dan bergizi untuk bayi lho, Moms. Caranya adalah dengan memasak oatmeal dengan air. Airnya agak banyak agar tekstur oatmel bisa lebih mudah dicerna bayi. Setelah itu campurkan dengan ASI dan haluskan menggunakan garpu. Untuk bayi usia di bawah 7 bulan, oatmeal harus disajikan halus seperti puree. 

MPASI oatmeal bisa menjadi pengganti bubur nasi. Nutrisinya sangat tinggi karena mengandung serat, mineral mangan dan omega-3 yang baik untuk tumbuh kembang bayi. 
 
2. Oatmeal
source: https://www.babble.com

 
baca juga

3. Yogurt

Di Indonesia, yogurt sebagai makanan pertama bayi mungkin masih asing. Namun, di luar negeri terutama di Amerika dan Eropa, yogurt sudah diberikan kepada bayi lho. Tepatnya saat bayi berusia di atas 7 bulan. Nah, MPASI yogurt bisa kamu coba, Moms! Pilih yogurt plain yang tidak mengandung pemanis buatan. Yogurt baik diberikan kepada bayi karena tinggi protein dan mengandung probiotik untuk menjaga pencernaan tetap sehat. Selain diberikan tanpa campuran apa-apa, yogurt juga bisa dikombinasikan dengan buah-buahan segar seperti pisang, apel, stroberi dan sebagainya. 
 
3. Yogurt
source: https://www.superhealthykids.com

 

4. MPASI Kombinasi

Buat Moms yang suka berkreasi, coba buatkan si kecil MPASI kombinasi berupa mencampur dua atau lebih makanan. Di sini kreatifitas dan pengalaman Moms dibutuhkan, karena tak semua makanan yang dikombinasikan menghasilkan rasa yang enak. Nah, beberapa ide MPASI kombinasi di antaranya bayam+pisang, oatmeal+pisang+peanut butter, daging ayam+brokoli+krim keju, dan masih banyak lagi. Sebelum membuat MPASI kombinasi, double check lebih dulu apakah semua bahan makanan tidak menimbulkan alergi pada si kecil. Gunakan imajinasimu demi menyajikan makanan lezat untuk si kecil, Moms! 
 
4. MPASI Kombinasi
source: https://www.familyfoodonthetable.com

Nah, itu dia beberapa menu MPASI unik bayi. Selamat bereksperimen ya!