Pastikan Kesiapan Anak

Sebelum memulai tahapan toilet training sebaiknya pastikan dulu bahwa anak sudah siap dengan mengamati beberapa ciri berikut:

  • Sudah bisa mengenali rasa ingin BAK dan BAB
  • Sudah bisa mengungkapkan keinginannya untuk BAK dan BAB.
  • Merasa tidak nyaman dengan celana yang kotor atau basah karena urin atau poop-nya
  • Dapat memahami instruksi sederhana yang diberikan
source: https://www.amazon.com


 

Kenalkan Fungsi Toilet Pada Anak

Setelah anak dipastikan siap mengikuti tahapan toilet training, kenalkan fungsi toilet padanya. Caranya dengan mengajaknya untuk ikut saat kamu menggunakan toilet, perlihatkan padanya tahapan saat kamu membersihkan popoknya di toilet, dan mem-flush air.

Kamu juga bisa sambil menjelaskan kapan waktu menggunakan toilet/pispot, kemudian cara duduk di toilet/pispot. Untuk anak dibawah 3 tahun sebaiknya gunakan pispot anak agar lebih mudah digunakan dan lebih aman, selain itu juga bentuk dan warnanya yang menarik akan membuat anak bersemangat untuk belajar menggunakannya.

source: http://www.domnite.ro


 

baca juga

Ajak Anak untuk Terbiasa Menggunakan Toilet

Saat anak sudah bisa mengungkapkan keinginannya untuk BAB dan BAK, kamu bisa langsung mulai mengajaknya untuk menggunakan toilet atau pispot. Ajarkan cara membersihkan kemaluannya dengan benar, namun jika anak masih belum bisa membersihkannya sendiri, kamu bisa membantunya.

Ajarkan pula si kecil untuk cuci tangan setiap habis dari toilet. Disela-sela itu, beri dia pengertian bahwa saat ingin BAB dan BAK, dia harus segera menuju toilet, karena dia sudah besar dan harus bisa mengendalikan rasa ingin poop atau pipis dengan mengeluarkannya di toilet. Beri juga anak pengertian tentang pentingnya menjaga kebersihan. Kegiatan menggunakan toilet ini harus konsisten dilakukan untuk membentuk kebiasaan pada anak.

source: http://happyhealthychildren.info


 

Beri Motivasi yang Seru

Anak biasanya senang dengan mainan atau warna dan bentuk yang menarik. Kamu bisa mengeluarkan kreativitasmu untuk mendukung toilet training anak agar lebih fun. Caranya dengan memberikan sticker dengan bentuk yang dia suka di tangan atau bukunya setiap kali dia berhasil menggunakan toilet sendiri. Selain itu juga kamu bisa memberinya boneka atau buku favoritnya untuk menjadi teman saat dia poop.

source: https://www.blog.talkingmatters.com.au
baca juga

Beri Pujian Sebagai Penghargaan

Pujian merupakan wujud penghargaan sederhana atas pencapaian anak dalam berbagai  keberhasilannya dalam melakukan kegiatan apapun, termasuk BAB dan BAK di toilet. Dengan memberinya pujian yang wajar, anak akan menjadi lebih percaya diri dan juga meningkatkan motivasinya untuk semakin mandiri, khususnya dalam menggunakan toilet.
source: http://senzokids.ro

Nah itu tadi tahapan toilet training yang bisa kamu coba untuk melatih si kecil poop dan pipis secara mandiri. Selamat mencoba dan semoga berhasil, mommies!