1. Sering-sering  Menyusui

Untuk mengatasi payudara bengkak yang pertama adalah dengan cara sesering mungkin Moms menyusui bayi setidaknya  8-12 kali sehari. Ada baiknya berikan si kecil ASI kapan pun ia memintanya meski di tengah malam. Nah, dengan pemberian ASI secara rutin ini maka payudara tidak akan mengeras karena ASI yang penuh. Ketika Moms merasa payudara sudah mengeras dan penuh segeralah berikan ASI kepada bayi. Dengan sering menyusui bayi akan membantu membuat payudara kosong dan menghindari terjadinya pembengkakan dan rasa sakit. 

 

source: http://mamidhebebi.al

2. Mengompresnya dengan Air Hangat

Cara kedua untuk mengatasi bengkak pada payudara saat menyusui adalah dengan mengompresnya menggunakan air hangat. Caranya mudah kok Moms, sebelum menyusui letakkan kain hangat pada payudara atau mandilah dengan air hangat, lalu pijat payudara secara perlahan. Selanjutnya pada saat menyusui letakkan kain dingin pada payudara karena suhu dingin akan membuat pembuluh darah berkontraksi. Caranya bungkus es menggunakan handuk yang bersih lalu usapkan pada payudara yang bengkak hingga ke bagian ketiak selama 10 menit. 

source: https://nypost.com
baca juga

3. Pijat Payudara

Mengatasi bengkak pada payudara dapat pula dengan melakukan pemijatan lembut pada payudara Moms. Hal ini dapat memperlancar sirkulasi darah ASI dan apabila telat dalam menanganinya, dapat timbul penyakit baru yang lebih berbahaya seperti mastitis atau keadaan jaringan payudara yang terinfeksi bakteri. Selain itu Moms bisa mengonsumsi obat yang aman untuk ibu menyusui, agar bisa mengurangi rasa nyeri yang Moms rasakan. 

source: https://cdn.hellosehat.com

4. Perah ASI

Ketika payudara moms bengkak namun tidak bisa menyusui karena si kecil sedang tidur, cobalah untuk memerah ASI saat payudara Moms mengeras dan bengkak. Selain itu gunakan bra khusus menyusui untuk mengatasi payudara bengkak, namun pas dan bisa menyokong payudara Moms dengan baik. Jangan gunakan bra yang terlalu ketat ya Moms, karena bisa menambah rasa nyeri pada payudara. 

source: https://www.mumsdelivery.com.au

Itulah beberapa cara mengatasi payudara bengkak saat menyusui. Tetap semangat menyusui ya, Moms!