1. Tidur Miring Ke Kiri 

Beberapa ahli kesehatan ibu hamil lebih menyarankan agar ibu hamil tidur miring ke kiri untuk kenyamanan dan tidak membahayakan bayi di dalam perut. Diketahui posisi tidur di kehamilan trimester terkahir menentukan sirkulasi darah dan ini berkaitan dengan peredaran udara, nutrisi, dan juga kesehatan bayi di dalam kandungan. Nah, untuk memastikan peredaran darah lancar saat tidur, akan lebih baik jika moms tidur dengan posisi miring ke kiri. Posisi tidur seperti ini membuat sistem peredaran darah lancar, terutama peredaran darah melalui plasenta ke rahim.

Moms, Ini Posisi Tidur Terbaik Saat Hamil 9 Bulan
source: http://agoramedia.com

2. Gunakan Bantal di Bawah Perut 

Saat Moms tidur dengan posisi miring ke kiri ada baiknya gunakan bantal untuk menyangga bagian perut. Hal ini dilakukan agar Moms merasa nyaman selama tidur dan untuk menghindari sesak napas karena ukuran perut yang semakin membesar. Selain itu gunakanlah pakaian yang longgar, tipis, serta mudah menyerap keringat. Pilihan lainnya adalah Moms bisa menggunakan bantal khusus untuk ibu hamil yang berbentuk seperit huruf “U”.

Moms, Ini Posisi Tidur Terbaik Saat Hamil 9 Bulan
source: http://www.babygatehub.com
baca juga

3. Letakkan Bantal di Antara Kedua Lutut

Tidur dalam keadaan hamil besar memang tampak merepotkan, tetapi menemukan posisi tidur ibu hamil 9 bulan yang baik masih dapat dilakukan. Untuk menopang perut yang semakin membesar, Moms bisa menopang beberapa bagian tubuh dengan bantal agar lebih nyaman. Selain mengganjal perut dengan bantal, Moms juga bisa meletakkan bantal kecil di antara kedua lutut. Ini untuk menyeimbangkan tubuh ketika moms tidur miring ke kiri atau ke kanan. Selain itu letakkan bantal di bawah sisi tubuh, jika Moms merasakan sesak napas.

Moms, Ini Posisi Tidur Terbaik Saat Hamil 9 Bulan
source: https://www.daymoms.com

Selain itu untuk melancarkan proses persalinan nanti, Moms bisa melakukan senam ibu hamil, jalan sehat, berenang, serta yoga agar tubuh dan janin tetap sehat hingga waktu melahirkan. 

Nah, itulah posisi tidur ibu hamil 9 bulan yang aman bagi Moms. Semoga proses melahirkan Moms lancar, ya!