Ruam atau Bercak-Bercak Merah di Kulit dan Gatal

source: https://www.medpagetoday.com

Mengetahui tanda anak terkena alergi itu penting. Tanda alergi pada anak yang mudah dikenali adalah munculnya ruam atau bercak-bercak berwarna merah pada kulit, biasanya di lengan, perut, bahkan di wajah. Anak akan rewel dan susah tidur, karena terasa gatal pada bagian yang terdapat ruam. Selain alergi makanan, seperti telur, kacang-kacangan dan sebagainya, ruam merah dan terasa gatal ini muncul akibat alergi pada musim di mana anak tidak tahan pada cuaca dingin atau panas.
 

Gangguan Pencernaan

source: http://qsota.com

Jika anak mengeluh mengalami gangguan pencernaan seperti sakit perut setelah mengonsumsi sesuatu, misalnya susu, maka kamu patut curiga kemungkinan si kecil mengalami alergi susu, terutama susu sapi. Selain gangguan pencernaan, anak juga merasa mual, muntah, kram di perut dan ruam di bagian mulut, akibat respon tidak normal tubuh terhadap protein dalam susu sapi yang dikonsumsinya. Untuk mengetahuinya lebih pasti, sebaiknya bawa si kecil kesayanganmu ke dokter untuk diperiksa. Karena ada kemungkinan lain, si kecil tidak hanya alergi susu tapi juga makanan lain.

 

baca juga

Sering Bersin dan Hidung Mampet

source: https://www.healthychild.com

Ternyata bersin-bersin dan hidung berair tidak hanya merupakan gejala pilek saja lho, tapi juga bisa jadi pertanda alergi. Oleh karenanya kamu harus benar-benar memerhatikan kondisi yang dialami si kecil yah. Biasaya pilek akan disertai dengan demam, radang tenggorokan dan batuk. Sedangkan alergi ditandai dengan tenggorokan terasa sedikit gatal, hidung meler, serta mata merah dan gatal.

 

Batuk di Malam Hari

source: http://info.tammygold.com

Nah, selain gejala menyerupai pilek, alergi pada anak juga bisa ditandai dengan batuk. Biasanya ada orangtua yang mengeluhkan batuk yang dialami buah hatinya tak kunjung berhenti padahal sudah diberikan obat. Mungkin saja obat batuk yang diminum tidak bekerja karena memang si kecil terkena batuk alergi. Tandanya adalah batuk dalam waktu yang lama dan akan parah di malam hari. Untuk mengetahui, apakah benar si kecil terkena batuk alergi, maka jangan tunggu untuk membawanya ke dokter anak untuk diperiksa yah!


 

baca juga

Mata Bengkak dan Merah

source: https://helivac.co.za

Tanda alergi yang mudah dikenali pada anak adalah terjadinya pembengkakan mata, merah dan terasa gatal setelah anak bermain di luar rumah. Ini terjadi karena anak alergi pada debu dan udara kotor. Untuk mencegah terjadinya hal ini, maka usahakan kamar dan rumah bebas dari debu. Selain itu, hindari anak terlalu sering main di luar rumah, terutama di tempat berdebu dan kotor.