1. Gunakan Botol yang Bagus dan Steril
 
Saat ingin memerah ASI pastikan Moms menggunakan botol yang sudah benar-benar bersih dan tidak ada lagi bekas noda susu yang tertinggal. Botol ASI steril sangat berguna karena hal ini untuk menghindari bakteri bersarang di dalam botol susu yang membuat ASI perah cepat basi. Ini penting banget lho Moms, tentunya berbahaya bagi kesehatannya jika si kecil mengonsumsi ASI yang tercemar bakteri. 
 

Simak Yuk Tips Mengelola ASI Perah Buat Moms yang Bekerja Berikut
source: https://volusion.com

2. Gunakan Kotak Penyimpan Khusus
 
ASI yang diperah di tempat kerja tentunya membutuhkan waktu untuk sampai di rumah dalam keadaan baik. Sedangkan, ASI perah hanya tahan 3-8 jam dalam suhu ruangan dan disimpan dalam keadaan rapat. Oleh sebab itu Moms harus memiliki kotak penyimpanan ASI khusus yang agar ASI perah tidak basi hingga sampai di rumah. Namun jika Moms tidak memiliki kotak khusus penyimpanan ASI, kamu bisa menggunakan kotak styrofoam yang diisi terlebih dahulu dengan batu es. 

Simak Yuk Tips Mengelola ASI Perah Buat Moms yang Bekerja Berikut
source: http://coldfreight.com
baca juga

3. Jangan Mencampur ASI

Jika Moms baru saja memerah ASI yang baru, ada baiknya jangan mencampur ASI dengan air susu yang sudah didinginkan. Jika Moms mau mencampurnya, maka ASI perah baru, harus didinginkan dahulu di kulkas (bukan freezer), dalam wadah terpisah dengan ASI perah pertama.

Simak Yuk Tips Mengelola ASI Perah Buat Moms yang Bekerja Berikut
source: https://www.babycenter.com

4. Jangan Memanaskan ASI di Atas 40’C 

ASI perah yang telah disimpan biasanya memiliki bau dan rasa yang berbeda dari ASI fresh yang barus aja diperah. Hal ini terjadi karena aktivitas Lipase, yaitu enzim yang memecah lemak menjadi asam lemak. Pemecahan lemak membantu bayi untuk pencernaan ASI, terutama untuk bayi prematur, dan tidak berbahaya, meskipun beberapa bayi mungkin menolak untuk meminumnya. Oleh karena itu tidak disarankan untuk memanaskan asi perah di atas 40’C karena akan mengakibatkan hilangnya enzim.

Simak Yuk Tips Mengelola ASI Perah Buat Moms yang Bekerja Berikut
source: https://www.checkpregnancy.com

Itulah beberapa tips menyimpan ASI perah agar terjaga dengan baik. Sudahkah Moms mempraktikkannya?