1. Sentuhan Kulit Ibu 

Saat bayi sedang menyusui, sering sekali mengeluarkan banyak keringat di kepalanya. Hal ini disebabkan oleh posisi Moms saat menyusui seperti memeluk dan tangan Moms menopang kepala bayi sehingga bayi merasa hangat dalam waktu yang lama. Ini yang menyebabkan suhu di kepala bayi akan lebih tinggi dan ia akan lebih berkeringat lebih banyak di bagian kepala. 

Bayi Berkeringat Saat Menyusu? Ternyata Ini Peyebabnya!
source: https://fitpregnancy.com

2. Faktor Udara dan Tempat

Faktor eksternal bayi berkeringat selain sentuhan skin to skin antara ibu dan bayi adalah dikarenakan cuaca atau udara yang panas. Misalnya, Moms menyusu di tempat yang memang kurang nyaman seperti di area umum atau kamar yang tidak terdapat pendingin udaranya. Jika Moms diharuskan menyusui bayi di tempat yang kurang nyaman untuk bayi, ada baiknya berikan alas kain lembut di bawah kepala bayi atau bawalah kipas angin kecil elektrik yang banyak dijual di toko online. 

Bayi Berkeringat Saat Menyusu? Ternyata Ini Peyebabnya!
source: https://timedotcom.files.wordpress.com
baca juga

3. Bisa Jadi Bayi Demam

Pakar kesehatan menyatakan bahwa orang tua bisa mengecek suhu kepala ketika bayi berkeringat, khususnya pada bagian pipi atau di bagian bawah dagu. Nah, jika pada bagian tersebut terasa suhu tubuh lebih hangat dari biasanya, bisa saja si kecil sedang demam. Jika hal ini terjadi maka sebaiknya Moms memeriksakan kondisi lebih lanjut ke dokter spesialis anak. 

Bayi Berkeringat Saat Menyusu? Ternyata Ini Peyebabnya!
source: https://www.tesco-baby.com

4. Kelenjar Keringat Bayi 

Berdasarkan paakar kesehatan menyatakan bahwa, bayi baru lahir ternyata masih memiliki kelenjar keringat yang belum mampu bekerja dengan optimal, khususnya pada bagian kepala. Oleh sebab itu saat bayi merasakan suhu udara yang lembab atau panas, ia pun akan merasa kurang nyaman sehingga mengeluarkan banyak keringat terutama di bagian kepala. 
 

Bayi Berkeringat Saat Menyusu? Ternyata Ini Peyebabnya!
source: https://thenypost.files.wordpress.com

Nah, itulah beberapa faktor dan penyebab bayi berkeringat ketika menyusui, meski lingkungan dan udara sekitar terbilang tidak panas. Semoga bermanfaat dan semangat ASI eksklusif!