1. Tentukan Faskes (Fasilitas Kesehatan) BPJS

Syarat pertama agar peserta bisa melahirkan dengan BPJS, maka Moms harus datang ke faskes 1 terlebih dahulu, faskes 1 yang telah tertulis di kartu BPJS peserta, atau faskes 1 lainnya yang tentunya yang sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Jika peserta berobat di puskesmas / klinik / bidan yang tidak bekerjasama dengan BPJS maka secara otomatis BPJS tidak akan menerima klaim. 

BPJS Kesehatan menetapkan besaran tarif persalinan normal di Faskes I adalah Rp 600.000. Jika biaya persalinan normal lebih dari Rp 600.000, selebihnya peserta harus membayar sendiri. Adapun jika memang kondisi medis mengharuskan operasi caesar .

source: http://rumahbpjs.com

2. Persyaratan Dokumen di Rumah Sakit

Nah, ini sangat penting. Siapkan dokumen yang dibutuhkan berikut ini jauh-jauh hari agar proses klaim cepat dan lancar.

  • Kartu BPJS Kesehatan / Nomor Kartu Peserta
  • Kartu Keluarga
  • KTP
  • Buku Kesehatan Ibu dan Anak
  • Rujukan (jika anda dirujuk ke RS)
Proses melahirkan bisa ditangani pada fasilitas kesehatan (Faskes) 1, karena pada umumnya faskes ini telah dilengkapi tenaga khusus untuk kebutuhan persalinan. Peserta bisa melakukan pendaftaran sesuai prosedur dan mendapatkan layanan persalinan yang dibutuhkan di sana.
source: http://www.karangkraf.com
baca juga

3. Cek Kembali Persayaratan dan Kelengkapan Dokumen 

Moms dapat langsung menuju ke bagian pendaftaran di rumah sakit. Biasanya ada petugas di rumah sakit yang khusus menerima pendaftaran bagi peserta BPJS Kesehatan, termasuk pasien ibu hamil. Kemudian saat mendaftar, Moms harus menyerahkan surat rujukan dan dokumen lainnya, seperti dokumen asli dan fotokopi. Nantinya dokumen asli akan dikembalikan setelah proses pendaftaran selesai. Nah, setelah mendaftar, kamu menuju ruang tunggu untuk memeriksa kesehatan dengan dokter yang dituju. Jika kamu akan melahirkan, kamu akan langsung menuju ruang melahirkan. 

source: https://www.seputarbpjs.com

Bagaimana Moms? Tak sulit, 'kan? Yang terpenting adalah persiapan dilakukan jauh-jauh hari agar tidak kerepotan. Fasilitas BPJS kesehatan dari pemerintah ini memang seharusnya dimanfaatkan semaksimal mungkin. Semoga proses kelahiran Moms berjalan lancar, ya.