Poop Bayi yang Baru Lahir

Ketika batu lahir,bayi akan mengeluarkan poop pertama yang disebut dengan meconium. Berwarna hitam kehijauan dengan tekstur lengket dan tidak berbau. Feses bayi yang baru lahir berasal dari bilirubin, sisa sel-sel yang berasal dari kulit dan saluran usus serta air ketuban.

Kandungan kolostrum (pada cairan ASI yang keluar pertama) memiliki peran sebagai pencahar alami, sehingga merangsang meconium keluar dalam waktu 24 hingga 48 jam setelah bayi lahir. Meconium akan keluar hingga dua hari sejak bayi lahir.

source: https://www.wanista.com


 

baca juga

Poop Bayi Pada Masa Transisi

Pada masa transisi bayi yaitu sejak 3-4 hari setelah kelahirannya, feses akan berwarna hijau lumut dan teksturnya tidak selengket meconium. Poop ini berasal dari sisa kotoran hasil konsumsi ASI dan menandakan bahwa pencernaanya lancar dan sudah lebih siap untuk menerima ASI maupun susu formula.

source: http://www.kidspot.com.au


 

Poop Bayi Ketika Sudah Mengonsumsi ASI

Saat sudah terbiasa mengonsumsi ASI, poop bayi akan berwarna kuning cerah kehijauan dengan lunak dan agak cair terkadang juga padat. Tapi kamu tidak perlu khawatir karena bentuk yang agak cair dari poop ini bukan diare melainkan karena ASI sangat mudah dicerna. Bau poop-nya pun tidak menyengat.

source: https://www.smababy.co.uk


 

baca juga

Poop Bayi Ketika Mengonsumsi Susu Formula

Meskipun sama-sama mengonsumsi susu, tetap ada perbedaan poop bayi yang hanya meminum ASI dengan sufor. Warna poop bayi yang sudah mengkonsumsi susu formula bervariasi mulai dari kuning pucat, hijau hingga coklat dengan tekstur yang lebih dan lunak. Baunya juga lebih tajam namun tidak setajam bayi yang sudah mengonsumsi makanan solid.

source: https://www.babycenter.ca


 

Poop Bayi Ketika Sudah Mengonsumsi Makanan Solid

Bayi yang sudah mengonsumsi makanan padat seperti MPASI, poop-nya akan berwarna hijau kecoklatan hingga kuning tua. Bunya juga menjadi lebih tajam dengan konsistensi bentuk yang berubah-ubah, tergantung dengan jenis makanan yang dikonsumsi.

source: http://www.kidspot.com.au