Poop Bayi Berwarna Merah

Jika dalam kotoran bayi terdapat warna merah atau bercak darah, itu menandakan si kecil mengalami alergi atau adanya infeksi virus atau bakteri pada pencernaannya. Saat poop bayi berbentuk terlalu keras juga dapat melukai kulit anusnya hingga berdarah. Segera hubungi dokter untuk memastikan penyebabnya agar segera dapat penanganan yang tepat.

source: https://www.whattoexpect.com


 

Poop Bayi Berwarna Abu-abu atau Putih

Gangguan atau infeksi pada empedu yang biasa dikenal dengan penyakit kuning dapat menyebabkan poop berwarna pucat atau putih. Kondisi ini umum terjadi pada bayi yang baru lahir dan biasanya akan hilang dalam hitungan minggu, namun jika warna poop belum berubah selama lebih dari dua minggu, segeralah bawa ke dokter.
source: https://www.babycenter.com.au


 

baca juga

Poop Bayi Berwarna Hitam

Pada bayi yang baru lahir, poop yang berwarna hitam (meconium) adalah wajar karena itu berasal dari sisa kotoran dan air ketuban selama di kandungan. Namun jika kelahiran sudah lewat beberapa hari dan ditemukan poop yang berwarna hitam, kemungkinan besar itu bukan meconuim, namun disebabkan oleh darah yang ikut tercerna bersama feses. Darah bisa berasal dari kerongkongan atau lambung si kecil.
source: https://www.babycenter.com.au


 

Poop Bayi Berwarna Hijau

HIngga hari ketiga kelahiran bayi, warna poop yang hijau kehitaman adalah normal. Namun jika bayi sudah berumur lebih dari seminggu dan poopnya berwarna hijau tua, kamu perlu waspada karena ada kemungkinan gangguan pencernaan. Hal ini juga disebabkan oleh bayi yang menyusu hanya pada satu payudar saja sehingga telrlalu banyak menyerap laktosa. Cobalah untuk memberinya kedua payudara secara bergantian. Jika tidak ada perubahan warna feses, segera hubungi dokter.

source: https://www.pampers.com