Menyusui bayi tidak hanya kewajiban tapi juga untuk membangun kedekatan dengan Si Kecil. Ibu juga diharuskan untuk segera memberikan ASI kepada bayi setelah ia lahir, karena ada ASI pertama merupakan makanan pertama terbaik untuk bayi karena di dalamnya mengandung kolostrum yang kaya akan protein tinggi dan juga rendah lemak yang sangat berguna untuk kesehatan dan tumbuh kembang bayi.
 
Kolostrum itu sendiri adalah cairan berwarna kekuningan dan hanya keluar dari payudara ibu selama beberapa jam pertama kehidupan bayi dan seringkali dianggap sebagai cairan tidak cocok untuk bayi. Padahal kolostrum kaya akan sekretori imunoglobulin A (sIgA) yang berfungsi untuk melapisi saluran cerna agar kuman tidak dapat masuk ke dalam aliran darah dan akan melindungi bayi sampai sistem imunnya (sistem kekebalan tubuh) berfungsi dengan baik.
 
Selain itu, umumnya bayi sudah memiliki naluri untuk menyusu setelah 20-30 menit ia dilahirkan. Karena itu pentingnya, ibu segera memberikan ASI pertama kepada bayi baru lahir agar tidak terlewat. Nah, buat para ibu yang masih bingung, berikut adalah keistimewahan ASI pertama untuk bayi baru lahir yang perlu diketahui:


1. Membersihkan Sisa Metabolisme
ASI pertama memiliki segudang nutrisi dan protein yang baik untuk Si Kecil sehingga bermanfaat untuk membersihkan sisa metabolisme bayi saat ia masih berada di dalam kandungan.

source: http://www.artfile.ru/
baca juga

2. Aman untuk Pencernaan
Kandungan protein dan vitamin A namun rendah karbohidrat dan potassium pada ASI pertama ternyata sangat aman untuk pencernaan bayi yang masih belum sempurna.
source: http://www.telegraph.co.uk/

3. Mencegah Sakit Kuning
Mungkin kamu seringkali melihat bayi terkena sakit kuning, kondisi tersebut umumnya terjadi karena bayi melewatkan ASI pertama. Oleh karena itu, agar bayi terhindar dari penyakit kuning sebaiknya segera memberikan ASI pertama saat bayi baru lahir.
source: http://www.rawstory.com/
baca juga

4. Mudah Buang Air Besar
Walaupun tidak mengonsumsi makanan, tapi bayi tetap akan buang air besar. Beberapa kasus ditemukan, bayi mengalami kesulitan buang air besar. Nah, kandungan zat meconium pada ASI pertama berfungsi untuk melancarkan buang air besar pertama bayi.
source: http://www.playbuzz.com/

5. Tumbuh Kembang
Keistimewahan ASI pertama yang paling penting adalah untuk menyempurnakan tumbuh kembang Si Kecil hingga dewasa.
source: http://www.bearhug.id/


Itulah beberapa manfaat ASI pertama pada bayi yang perlu kamu ketahui. Masih ragu memberikan ASI pertama pada bayi baru lahir?