Alergi susu formula pada masa pertumbuhan anak memang sangat mengkhawatirkan, karena anak sangat membutuhkan asupan nutrisi yang ada pada susu formula. Anak yang alergi susu formula, biasanya disebabkan karena sistem imun tubuhnya tidak memiliki respon yang baik terhadap kandungan protein yang ada pada susu.
 
Umumnya, anak yang mengalami alergi susu formula akan menunjukkan tanda-tanda tertentu, seperti muntah, napas berbunyi, gatal-gatal dan mengalami gangguan pencernaan. Jika sang buah hati mengalami tanda-tanda tersebut sebaiknya hentikan pemberian susu formula dan segera bawa ke dokter untuk mengetahui lebih pasti.

source: https://www.mnn.com


 

Nah, jika anak ternyata positif alergi terhadap susu formula. Tak perlu panik, karena ada beberapa cara mudah yang dapat ibu lakukan, seperti:

1. Menghentikan pemberian susu formula pada anak

2. Menghindari pemberian makanan atau minuman yang mengandung susu sapi

3. Jika anak masih mengonsumsi ASI, jangan berikan produk susu dan olahannya karena protein susu yang menyebabkan alergi pada anak dapat menyatu ke dalam ASI dan dapat membahayakan kesehatan Si Kecil.

source: http://lifestyle.okezone.com/


 

baca juga
4. Ganti susu dengan susu kedelai

5. Memberikan makanan yang kaya akan vitamin D, kalsium dan protein karena anak yang mengalami alergi susu biasanya akan kekurangan vitamin D. Oleh karena itu, ibu dapat memberikan makanan seperti sayuran bayam, brokoli, ikan salmon, tuna dan telur.

6. Mengajak Si Kecil banyak melakukan aktivitas di luar rumah agar ia mendapatkan sinar matahari. Karena pada saat tubuh terpapar UV-B maka tubuh akan menciptakan vitamin D.
source: https://www.pinterest.com