Baby Walker
 

source: https://www.mothercare.com/


Jika kamu tidak ingin kebingungan membelikan banyak mainan untuk anak, baby walker seperti ini sudah menjadi satu mainan multifungsi yang banyak sekali manfaatnya untuk anak usia 1 tahun. Fungsi utamanya yang membantu anak belajar berjalan merupakan bagian yang cukup penting mengingat anak usia 1 tahun memang sedang mulai di tahap belajar berjalan. Dilengkapi dengan satu set mainan yang dapat bersuara, menyala, dan berwarna cerah sehingga bermanfaat melatih indera pendengaran, penglihatan, dan peraba.
 


Alat Musik Mini
 

source: https://www.naeyc.org/


Selanjutnya, mainan yang juga banyak direkomendasikan untuk diperkenalkan pada anak sejak dini adalah alat musik mini. Alat musik ini membantu melatih gerak motorik anak, dari yang kasar hingga halus. Selain itu, indera pendengaran dan penglihatan juga terlatih dalam mengamati tiap gerak dan suara yang dihasilkan saat memainkan sebuah alat musik.
 

baca juga


Balok
 

source: https://www.luxrysale.com/


Mulailah memberikan mainan berupa balok untuk anak sejak dini sebelum memberikannya lego yang lebih terlihat rumit. Balok akan melatih anak mengenal bentuk dan menggenggam. Dengan begitu, daya penglihatan dan gerak motoriknya akan terlatih. Sedikit demi sedikit, biasakan anak untuk membuat sesuatu dari balok-balok yang dimiliki. Jika sudah semakin mahir, kamu mulai bisa memberikannya lego dengan ukuran yang lebih kecil dan rumit.
 


Pasir Kinetik
 

source: http://www.houseofburkeblog.com/


Mainan edukatif yang juga sedang cukup populer di kalangan anak-anak balita saat ini adalah pasir kinetik. Permainan pasir ini ternyata dipercaya sangat bermanfaat untuk melatih indera perabaan si kecil. Kamu lebih disarankan untuk memberikan mainan ini sedini mungkin untuk memperkenalkan tekstur dan melatih gerak tangan anak dalam merespon pasir di tangannya. Untuk membuat mainan ini lebih menarik, kamu bisa memilih atau membuat pasir kinetik berwarna cerah. Jadi, bermain pasir dilakukan bersamaan dengan memperkenalkan warna dan tekstur.