Posisi Menyusui

Hal pertama yang harus kamu ketahui untuk bisa memastikan kedua bayi kembarmu mendapatkan asupan ASI yang cukup dengan nyaman saat menyusu adalah mempelajari beberpa posisi menyusui bayi kembar yang tepat. Beberapa posisi yang dapat kamu pilih adalah:

  • Double football hold
  • Criss cross hold
  • Same direction
  • Relaxed position
  • Tangled position
  • Side feeding position
Moms, Ternyata Ini Posisi Menyusui Bayi Kembar yang Benar
source: https://www.thealphaparent.com/


 


Menyusui Bayi Kembar dalam Waktu Bersamaan

Sebenarnya kamu dapat memilih antara menyusui bayi secara bersamaan atau satu per satu. Akan tetapi, memberikan susu dalam waktu yang bersamaan akan memberikan beberapa manfaat seperti mengurangi rasa lelah, membuat waktu ibu lebih banyak untuk melakukan hal lain, serta menghindari rasa cemburu antara satu anak dengan anak yang lain. 
 

Moms, Ternyata Ini Posisi Menyusui Bayi Kembar yang Benar
source: http://momjunction.com/


 

baca juga


Menyusui Bayi Kembar Secara Bergiliran

Akan tetapi, jika kamu merasa kesulitan dengan posisi menyusui dua bayi sekaligus, menyusui anak secara bergiliran satu per satu dapat kamu coba untuk kenyamanan. Nah, jika kamu menyusui bayi satu per satu, pastikan kamu memberikan ASI dari dua payudara yang berbeda agar pemberian ASI pada bayi kembar dapat adil dan seimbang. Cara ini juga penting untuk memastikan produksi ASI pada kedua payudara tetap terjaga dengan baik dan tentunya seimbang.
 

Moms, Ternyata Ini Posisi Menyusui Bayi Kembar yang Benar
source: https://www.youtube.com/watch?v=Xcsw3aDXQS0


 


Memompa ASI

Terakhir, jika kamu merasa lelah saat harus menyusui dua bayi sekaligus, tidak ada salahnya untuk memompa ASI agar bisa memberikan ASI tanpa harus kesulitan mendekap dua bayi sekaligus. Kamu dapat berbagi tugas dengan pasangan untuk memberikan ASI pada masing-masing satu bayi.
 

Moms, Ternyata Ini Posisi Menyusui Bayi Kembar yang Benar
source: https://shopify.com/


Nah, itulah hal yang perlu kamu perhatikan saat akan menyusui bayi kembar. Yang terpenting untuk kamu perhatikan adalah urusan kenyamanan ibu dan bayi saat proses menyusui. Jangan sampai kebutuhan ASI menjadi terbatas karena kamu menjadi kelelahan atau bayi tidak dapat menghisap bayi dengan efektif karena posisi yang kurang nyaman. Selamat menyusui!