Mengecilkan perut setelah melahirkan merupakan hal yang sangat sulit dilakukan. Terlebih lagi ibu belum bisa melakukan diet karena selama proses menyusui, ibu diharuskan untuk mengonsumsi makanan sehat agar produksi ASI lancar sekaligus untuk menjaga kesehatan tubuh ibu. Karena itulah banyak ibu yang merasa kesulitan untuk mengecilkan tubuhnya, terutama bagian perut.

Seperti diketahui, bahwa lemak di area perut lebih sulit dihilangkan dan berbahaya dibandingkan dengan lemak panggul dan lemak paha. Tapi kamu tak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang dapat ibu lakukan untuk mengurangi berat badan dan lingkar perut, seperti:

1. Latihan Aerobik
Melakukan latihan aerobik selama 30 menit setiap harinya diyakini sebagai cara efektif untuk mengecilkan perut setelah melahirkan.

source: http://menurunkanberatbadan.info/

2. Kurangi Makan
Ibu menyusui memang diharuskan untuk mengonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi. Pasalnya apa yang dimakan ibu juga dimakan oleh bayi. Namun, bukan berarti ibu tidak bisa berdiet lho. Ibu bisa mengurangi makan secara perlahan dan bertahap terutama karbohidrat.
source: http://www.paleoplan.com/
baca juga


3. Latihan perut
Latihan otot-otot adalah salah satu hal penting, salah satunya yaitu dengan melakukan pelatihan otot perut bagian atas, bawah dan sisi samping. Anda dapat melakukan sit-up dengan berbagai variasi.

source: http://www.a6fal.com/


4. Mengonsumsi Makanan Bernutrisi
Mengurangi porsi makan memang merupakan cara yang efektif untuk mengembalikkan bentuk perut rampingmu seperti dulu. Namun, bukan berarti kamu tidak mengonsumsi makanan yang sehat dan tidak berolahraga. Justru untuk mengecilkan perut kamu diharuskan untuk mengonsumsi makanan sehat, seperti gandum, ikan salmon, kuning telur, sayur dan buah-buahan.

source: http://pervenets.com/


Namun, sebelum itu pentingnya ibu mengetahui berapa idealnya perutmu dengan menghitung menggunakan rumus BMI (body mass index), kemudian ukurlah pinggang dari atas tulang pinggul. Wajarnya, ukuran pinggang wanita yang ideal tidak lebih dari 80 cm.