1. Sesuaikan dengan Kebutuhan Bayi

Di usia 0-6 bulan, dan 6-12 bulan, bayi akan memperlihatkan perkembangan yang begitu menakjubkan. Indra bayi berkembang cepat, mulai dari pendengaran, penglihatan, sentuhan, penciuman dan mencicipi segala rasa. Pemilihan mainan bayi yang tepat akan mendukung kemampuan indra bayi mencapai perkembangan maksimal. Pilihkan mainan yang berwarna terang, mainan yang berbunyi, tekstur lembut, berukuran besar dan beraneka macam bentuk. Di awal bayi hanya senang melihat dan mendengarkan bunyi-bunyian itu, seiring waktu rasa penasarannya akan bertambah untuk memegang dan memainkan mainannya. Di sini, motorik bayi mulai dilatih. 
 
1. Sesuaikan dengan Kebutuhan Bayi
source: http://www.newhealthguide.org

 

2. Hindari Mainan Ukuran Kecil

Sangat penting memilih mainan bayi yang aman. Tips keamanan paling dasar adalah membeli mainan yang sesuai usia. Hindari mengabaikan label dan peringatan pada mainan yang akan dibeli, karena hal itu bisa saja mencelakakan bayi. Yang terpenting, jangan dulu memberikan mainan yang berisiko tersedak seperti bola kecil, kelereng, lego atau apapun yang berukuran kecil. 
 
2. Hindari Mainan Ukuran Kecil
source: https://www.busyparents.guide

 
baca juga

3. Perhatikan Bahan Mainan

Selain usia dan ukuran, hal lain yang perlu diperhatikan sebelum membeli mainan bayi adalah bahan yang digunakan dalam pembuatan. Jangan membeli apabila mainan pada kemasan tercantum zat phtalates. Phtalates merupakan bahan kimia yang membuat plastik lebih lembut. Zat ini berpotensi mengganggu keseimbangan hormon dan berisiko menimbulkan masalah perilaku dan alergi. Apabila, tidak mencantumkan bahan mainan, maka tanyakan kepada petugas toko apakah bahan mainan itu aman atau tidak. Sebagai panduannya, merek mainan seperti Lego dan Toy R Us telah bebas dari zat ini. 
 
3. Perhatikan Bahan Mainan
source: https://www.thetoddle.com

 

4. Mainan yang Bisa Digantung

Bayi yang berusia di bawah 6 bulan, biasanya menghabiskan banyak waktu untuk tidur dan berbaring. Biasanya sambil berbaring, bayi suka sekali melihat objek yang berada di atasnya. Oleh karena itu, belikan mainan bayi yang bisa digantung dan bergoyang-goyang. Biasanya saat membeli crib, Moms akan diberikan sepaket dengan aksesoris yang merupakan mainan untuk bayi. Apabila tidak mendapatkannya, belilah sendiri di toko mainan. Pilih mainan dengan warna-warna cerah untuk membangkitkan minat bayi. Saat bayi rewel, Moms bisa menggoyangkan mainan tersebut untuk mengalihkan perhatiannya. 
 
4. Mainan yang Bisa Digantung
source: https://www.talcmag.gr

Itu dia beberapa tips memilih mainan untuk bayi berusia 0-6 bulan. Semoga tips ini bisa membantumu ya, Moms!