Manfaat Olahraga pada Ibu Hamil

Lebih aktif dan melakukan olahraga secara teratur di masa-masa kehamilan, akan membantu ibu untuk: 
  • Mengurangi gangguan kehamilan seperti sakit punggung, nyeri panggul, sembelit dan kelelahan.
  • Tubuh akan lebih bugar selama hamil.
  • Mempertahankan berat badan yang normal di masa-masa kehamilan. 
  • Tidur jadi lebih nyenyak. 
  • Membantu mengurangi stres atau depresi. 
  • Membantu menyiapkan tubuh dan pikiran untuk menghadapi persalinan. 
  • Dapat menurunkan risiko diabetes gestasional, preeklampsia dan persalinan sesar. 
  • Membantu menurunkan berat badan ibu, setelah bayi lahir. 
Manfaat Olahraga pada Ibu Hamil
source: http://babysmegastore.com.br

 

Jenis-Jenis Olahraga yang Aman bagi Ibu Hamil

1. Berjalan Kaki 
Rajin berjalan kaki ternyata memberikan manfaat tidak terduga pada ibu hamil. Latihan sederhana ini memberikan efek yang signifikan pada keseluruhan tubuh dan melatih otot juga sendi. Menjelang persalinan, berjalan kaki dapat membantu merangsang kontraksi. 

2. Berenang 
Berenang adalah aktivitas yang luar biasa karena membantu memperkuat seluruh tubuh dan merupakan latihan kardiovaskular yang baik. Plus, membantu mendukung berat badan dan itu membuat bentuk tubuh terlihat lebih bagus. Namun, ada hal yang wajib dihindari ibu hamil saat berenang, yaitu jangan menyelam. Apabila Moms bosan atau tidak bisa latihan jalan kaki secara rutin, maka ganti dengan berenang. 
 
Jenis-Jenis Olahraga yang Aman bagi Ibu Hamil
source: https://www.todaysparent.com

 
baca juga

3. Sepeda Statis

Karena perut yang semakin membesar dapat mempengaruhi keseimbangan dan membuat ibu hamil lebih mudah jatuh, maka mengendarai sepeda biasa selama kehamilan bisa berisiko. Bersepeda dengan sepeda statis adalah pilihan yang lebih baik.
 
3. Sepeda Statis
source: https://www.babycenter.com/

 

4. Prenatal Yoga

Yoga mengurangi stres, meningkatkan fleksibilitas, dan mendorong peregangan dan fokus pernapasan. Ada kelas yoga yang dirancang khusus untuk ibu hamil hamil. Pada prenatal yoga, akan diajarkan gerakan-gerakan yang sudah dimodifikasi dan aman untuk ibu hamil. Misalnya, tidak berbaring atau telentang dalam waktu yang lama. 
 
4. Prenatal Yoga
source: https://blog.littlelane.com