1. Memilih Ukuran

Ibu hamil harus memilih ukuran sepatu yang benar, baik itu ukuran panjang dan lebar. Panjangnya dihitung dari tumit hingga jari terpanjang, ditambah 2-3 cm demi kenyamanan. Hindari membeli ukuran yang terlalu besar karena sepatu yang lebih besar dari kaki dapat menyebabkan rasa sakit di bagian tumit, jari kaki, bahkan betis atau sendi lutut. Karena kehamilan dapat menyebabkan perubahan pada kaki yaitu kaki membesar atau membengkak, maka ibu hamil dianjurkan membeli sepatu sebanyak 2 kali, yaitu selama 6 bulan pertama dan selama 3 bulan pada akhir kehamilan. 
 
1. Memilih Ukuran
source: https://www.aliexpress.com

 

2. Model dan Bahan

Pertimbangkan model dan material sepatu yang akan dipakai saat hamil. Sebaiknya pilih sepatu yang mudah digunakan dan tidak bertali, agar tak perlu menekuk badan saat akan memakainya. Untuk material, pilih yang lembut, elastis, menyerap air, dan udara bisa bersikulasi. Memilih sepatu yang tepat akan membantu ibu hamil berjalan dengan nyaman dan aman. 
 
2. Model dan Bahan
source: http://www.rodzinazcambridge.pl

 
baca juga

3. Tinggi Sepatu

Ibu hamil dianjurkan untuk tidak memakai sepatu hak tinggi karena dapat menyebabkan rasa sakit di punggung. Selain itu, janin yang tumbuh semakin besar akan membuat ibu sulit mempertahankan keseimbangan ketika banyak bergerak, sehingga rentan terjatuh. Jika tetap ingin memakai sepatu berhak, maka usahakan tinggi tumit sepatu di bawah 4cm. Hindari mengenakan sepatu berujung runcing atau panjang yang akan menyebabkan kesulitan bagi ibu hamil untuk melangkah. 
 
3. Tinggi Sepatu
source: http://www.momjunction.com

 

4. Tidak Licin

Saat membeli sepatu, perhatikan sol bagian bawah apakah aman atau licin.  Selain itu, belilah sepatu dengan high friction atau gesekan tinggi agar lebih aman digunakan berpijak terutama di permukaan licin. Sepatu dengan sol licin dan low friction dapat membahayakan ibu hamil dan janinnya terutama saat kehilangan keseimbangan saat berpijak. 
 
4. Tidak Licin
source: https://pregnancy.lovetoknow.com

 
baca juga

5. Gunakan Kaos Kaki

Saat hamil kaki akan lebih mudah mengeluarkan keringat. Agar kaki tetap nyaman, maka ibu hamil sebaiknya mengenakan kaos kaki sebelum memakai sepatu. Kaos kaki bermanfaat untuk menyerap keringat sehingga kaki tidak terasa licin atau lengket di dalam sepatu. Selain itu, sebaiknya gunakan dua sepatu secara bergantian dalam satu hari. Ini bermanfaat untuk menjaga kaki tetap kering dan tidak berbau. 
 
5. Gunakan Kaos Kaki
source: https://pregnantchicken.com