1. Terasa Lebih Kering

Saat hamil, terjadi peningkatan beberapa hormon termasuk estrogen. Setelah melahirkan, kadar estrogen akan menurun sehingga menyebabkan masalah pada vagina. Estrogen merupakan hormon yang sangat penting bagi perempuan, karena berfungsi melembapkan vagina. Tanpa estrogen, vagina tak lagi memiliki kelembapan seperti sebelumnya dan jaringannya akan menipis. 
Menyusui juga bisa berpengaruh pada kondisi vagina. Ibu menyusui akan merasakan kekeringan pada vagina dibanding mereka yang tidak menyusui. 
 
1. Terasa Lebih Kering
source: https://www.healthline.com

 

2. Terasa Nyeri

Saat melahirkan normal, tidak sedikit ibu yang menjalani episiotomi, di mana dibuat sayatan pada perineum yang merupakan jaringan antara vagina dan anus. Episiotomi bertujuan agar bayi, terutama yang ukurannya besar berhasil dikeluarkan dengan lancar. Pasca melahirkan, ibu akan merasakan nyeri pada perineum dan barulah sembuh selama 12 minggu ke depan. Untuk menyamankan rasa nyeri, itu maka gunakan es untuk mengompres dan duduklah di bantalan berbentuk donat agat perineum tidak tertekan. 
 
2. Terasa Nyeri
source: https://www.rd.com

 
baca juga

3. Muncul Jaringan Parut

Ibu yang mengalami robekan atau episiotomi setelah melahirkan normal, kemungkinan akan memiliki jaringan parut pada perineum. Jaringan parut merupakan bagian dari proses penyembuhan luka. Tumbuhnya jaringan parut ini akan membuat tidak nyaman, terutama saat berhubungan intim dengan suami. Jaringan parut ini akan sembuh seiring dengan berjalannya waktu. Namun, apabila jaringan parut tak kunjung sembuh, maka segeralah berkonsultasi dengan dokter terkait hal ini. 
 
3. Muncul Jaringan Parut
source: https://bornrealist.com

 

4. Vagina Jadi Lebih Lebar

Pasca melahirkan vagina mungkin sedikit lebih lebar. Penyebabnya karena peregangan akibat persalinan, terutama saat melahirkan bayi dengan ukuran besar. Tak perlu khawatir, karena vagina merupakan organ yang elastis, sehingga akan kembali seperti semula meski tak 100 persen. Untuk membuat vagina kendur menjadi normal kembali, maka lakukan beberapa latihan seperti latihan kegel. 
 
4. Vagina Jadi Lebih Lebar
source: https://www.whattoexpect.com

Itu dia beberapa perubahan yang terjadi pada vagina pasca melahirkan normal. Hal ini wajar dan terjadi pada semua ibu yang melahirkan normal. Semoga bermanfaat ya Moms!