1. Tenang dan Tidak Gegabah

Saat bayi tersedak, akan terjadi penyumbatan sebagian pada sistem pernapasan bayi, sehingga membuatnya terbatuk-batuk, susah bernapas dan menangis. Jangan panik melihat reaksi bayi ini, Moms. Biarkan ia terus terbatuk agar benda keluar dengan sendiri. Hindari memasukkan tangan hendak mengambil benda tersebut, karena bisa saja malah mendorong benda terus ke dalam. 
Apabila bayi mengalami penyumbatan penuh, di mana ia tidak bisa batuk dan wajah memerah segeralah membawanya ke dokter untuk segera ditangani ya! 
 
1. Tenang dan Tidak Gegabah
source: https://www.redaccionmedica.com

 

2. Tepuk Pelang Punggungnya

Gendong bayi dengan posisi tengkurap di atas paha (ibu sambil duduk). Topang badan bayi dengan lengan bawah dan posisikan ibu jari dan jari lainnya memegang rahangnya. Pada posisi ini, kepala harus lebih rendah dari dada. Lalu, tepuk pelan punggung tepat ke arah antara tulang belikat bayi agar penyebab ia tersedak dapat dikeluarkan. Berikan tepukan 5 kali dengan menggunakan pangkal telapak tangan, sambil tetap memegang rahang bayi dengan kuat. 

 
2. Tepuk Pelang Punggungnya
source: https://theheartysoul.com

 
baca juga

3. Dorong Pelan Bagian Dada

Apabila benda belum keluar juga, pindahkan bayi ke lantai atau ke atas meja. Kali ini posisi bayi dalam keadaan telentang. Tetap usahakan posisi kepala lebih rendah daripada dada. Gunakan 2 jari sebagai bantalan di bagian tengah tulang dadanya. Tekan dada bayi secara perlahan sebanyak 5 kali sampai benda yang menyumbat keluar dan mulai bernapas kembali. 
 
3. Dorong Pelan Bagian Dada
source: http://parenting.firstcry.com

 

4. Bantuan Napas Buatan (CPR)

Metode pernapas buatan atau CPR biasanya diberikan kepada bayi yang sudah tak sadarkan diri. Buka mulut bayi dan mulai berikan napas buatan dengan jalan menyalurkan udara melalui mulutnya. Masuk atau tidaknya udara terlihat dari dada bayi naik-turun. Apabila udara belum masuk, miringkan kepala dan berikan lagi napas lewat mulutnya. Jika dada bayi belum juga naik-turun, berikan tekanan sebanyak 30 kali pada dadannya. Cek mulutnya apakah benda yang menyumbat sudah terlihat dan bisa dikeluarkan. Apabila belum ada hasil, maka ulangi metode CPR ini sebanyak 2 kali. 
 

4. Bantuan Napas Buatan (CPR)
source: https://www.everydayfamily.com

Penangangan bayi tersedak dan CPR ini harus Moms kuasai. Apabila Moms mempekerjakan nanny, jangan lupa untuk mengajarinya pertolongan pertama ini ya! Pertolongan yang cepat dan tepat akan membantu bayi dapat diselamatkan.